Eskalasi Perang Dagang AS-China Meningkat Usai Tarif Baru Diberlakukan

Eskalasi Perang Dagang AS-China Meningkat Usai Tarif Baru Diberlakukan

Kamis, 23 Agustus 2018 14:31:06 WIB

Amerika Serikat dan China meningkatkan perang perdagangan sengit mereka pada hari Kamis, ditandai dengan kedua negara ini menerapkan tarif 25 persen pada barang dari masing-masing negara senilai $ 16 miliar. Yang mengherankan kebijakan ini keluar di saat pejabat tingkat menengah dari kedua belah pihak melanjutkan pembicaraan di Washington.

Dua perekonomian terbesar di dunia kini total telah mengenakan tarif pada barang senilai $ 100 miliar sejak awal Juli. Masih ada daftar barang-barang yang akan dikenakan tarif sesuai daftar yang ada di masing-masing kementerian perdagangan, menambah risiko terhadap pertumbuhan ekonomi global.

Kementerian Perdagangan China mengatakan Washington "tetap keras kepala" dengan menerapkan tarif terbaru, yang mulai berlaku pukul 12:01 waktu Beijing (04.01 GMT) atau 11.00 WIB.

Juru bicara kementerian mengatakan, China dengan tegas menentang ini, dan akan terus mengambil tindakan yang diperlukan.

"Pada saat yang sama, untuk melindungi perdagangan bebas dan sistem multilateral, dan membela kepentingannya sendiri yang sah, China akan mengajukan gugatan mengenai langkah-langkah tarif ini di bawah mekanisme penyelesaian sengketa WTO," demikian isi pernyataan.

Presiden Donald Trump telah mengancam akan mengenakan tarif pada barang asal China senilai lebih dari $ 500 miliar yang diekspor ke Amerika Serikat (AS) setiap tahun kecuali Beijing setuju untuk menghilangkan praktik pencurian kekayaan intelektual dari AS, program subsidi industri dan struktur tarif, dan membeli lebih banyak barang AS.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search