Faktor Politik Italia Masih Berpotensi Guncang Pasar Eropa

Faktor Politik Italia Masih Berpotensi Guncang Pasar Eropa

Selasa, 04 September 2018 18:41:19 WIB

Faktor politik masih akan menyelimuti perekonomian Italia. Faktor eksternal yaitu krisis Turki akan berpengaruh besar.

Sejak awal tahun politik Italia mengguncang pasar Eropa. Akibatnya, terjadi kesenjangan imbal hasil antara surat utang Italia dan Jerman - yang mencerminkan bunga premium yang diminta investor untuk obligasi Italia pada bulan Agustus mencapai tertinggi lima tahun, menurut Tradeweb. Imbal hasil obligasi Italia 10 tahun telah naik di atas 3% ke level tertinggi sejak 2014.

Tahun ini pertumbuhan ekonomi Italia diperkirakan 1,2% tahun ini, di tengah janji-janji yang dibuat pemerintahan baru hasil koalisi, termasuk pajak flat non progresif - sebuah sistem di mana setiap orang membayar pajak dengan tingkat yang sama.

Fitch Ratings pada hari Jumat lalu memangkas prospek utang negara itu menjadi negatif. Fitch mengkhawatirkan bahwa pelonggaran fiskal dapat meninggalkan utang publik negara itu lebih berisiko terhadap potensi guncangan.

Rencana ECB menghentikan stimulus di akhir tahun juga menjadi ancaman. Para pelaku pasar mengatakan likuiditas akan memburuk dalam perdagangan obligasi dan stabilitas politik zona euro dipertanyakan.
"Skenario terburuk atas defisit anggaran yaitu makin melebarnya imbal hasil obligasi Itali-Jerman ketika ECB tidak lagi mendukung pasar seperti sebelumnya," kata Mohammed Kazmi, seorang manajer portofolio di Union Bancaire Priv e.

Sebabnya: Italia adalah negara pengutang terbesar di zona euro. Sementara investor asing dan banyak investor domestik, terutama ibu rumah tangga yang menjual surat utang Italia musim panas ini, membuat bank-bank Italia membelinya dengan laju tercepat sejak krisis utang zona euro.

Ditambah Krisis Turki akan memberi dampak buruk ke Italia. Pasalnya, bank terbesar Italia, UniCredit memiliki eksposur besar ke perekonomian Turki karena memiliki saham besar di bank lokal Turki.

(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search