Fed Powell Indikasikan Tidak Ada Pemotongan Suku Bunga Segera

Fed Powell Indikasikan Tidak Ada Pemotongan Suku Bunga Segera

Sabtu, 07 September 2019 23:06:52 WIB
Ketua Federal Reserve, Jerome Powell, pada pidatonya di Zurich, Swiss mengeluarkan beberapa pernyataan yang memberikan indikasi tidak akan melakukan pemotongan suku bunga pada bulan September ini.

Powell menyatakan ketidak pastian kebijakan pemerintah terkait perang dagang AS - Tiongkok menjadi penyebab kekhawatiran banyak pengusaha bersikap hati-hati dalam mengambil langkah investasi dan alokasi dana, yang mey]nyebabkan makin lemahnya kondisi ekonmi AS belakangan ini.

Tetapi ditambahkan bahwa pelemahan ekonomi saat ini masih dalam batas yang wajar dan langkah The Fed melakukan pemotongan suku bunga di bulan Juli lalu merupakan langkah antisipasi untuk menjaga kondisi ekonomi AS. Menanggapi buruknya data tenaga kerja AS jumat malam, Powell juga menyatakan bahwa laporan tenaga kerja masih dalam batas yang baik, begitu pula prospek dari segi konsumen. Powell mengestimasi kondisi ekonomi tidak akan berkembang lebih buruk lagi untuk menhambat pertumbuhan dan peningkatan pada inflasi.

Terkait serangan kritik dari Presiden AS, Donald Trump, yang terus meminta The Fed segera melakukan pemotongan suku bunga lebih jauh. Tanpa menyebutkan secara spesifik terhadap kritik-kritik tersebut, Powell menyatakan bahwa The Fed memegang komitmen untuk tidak terpengaruh oleh kepektingan politik dalam mengambil setiap keputusan, dan berdasarkan analisa yang dapat dipegang.

Salah satu komentar lainnya adalah bila tingkat suku bunga dan target inflasi terlalu rendah, hanya akan mengurangi kemampuan The Fed untuk membantu melakukan pencegahan bila kondisi ekonomi makin memburuk. Pernyataan Powell tersebut menambahkan tingakt kepercayaan pelaku pasar bahwa belum akan ada pemotongan suku bunga pada pertemuan Federal Open Market Committee yang akan diumumkan pada 19 September mendatang. Mengangkat dolar AS menguat sebelum akhir penutupan pasar AS di akhir pekan.

(andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search