Fed Tahan Kenaikan Bunga, BOJ Berpotensi Perbesar Stimulus

Fed Tahan Kenaikan Bunga, BOJ Berpotensi Perbesar Stimulus

Rabu, 09 Januari 2019 18:29:06 WIB
Khawatir dengan prospek penghentian siklus kenaikan suku bunga AS, Bank of Japan (BOJ) kemungkinan besar memompa lebih banyak stimulus tahun ini untuk menghentikan kenaikan tajam yen yang menghambat pemulihan ekonomi.

Hanya beberapa bulan yang lalu, para gubernur bank sentral Jepang memperdebatkan bagaimana mereka dapat mulai mengurangi stimulus moneter besar-besaran karena kekhawatiran bahwa stimulus yang berkepanjangan akan memperpanjang keuntungan tipis lembaga keuangan akibat tingkat suku bunga mendekati nol.

Tapi, keruntuhan dolar terhadap yen pekan lalu memberikan peringatan kepada pembuat kebijakan Jepang tentang bagaimana strategi mereka sebagian besar dibentuk oleh faktor-faktor eksternal di luar kendali mereka, terutama apa yang dilakukan Federal Reserve AS. BOJ akan lebih banyak membeli aset keuangan di pasar modal guna menyuplai yen di pasar sehingga bisa menurunkan nilai yen terhadap dollar.

"Itu membuat saya gelisah karena langkah itu tidak dapat diprediksi dan sulit untuk dijelaskan," kata seorang pejabat senior kementerian keuangan Jepang tentang dolar yang jatuh ke level terendah 10-bulan terhadap yen di level 104,96 yen pada 3 Januari lalu.

Dan lonjakan tajam yen menjadi titik pembicaraan utama bagi eksekutif BoJ yang kembali dari liburan Tahun Baru pada hari berikutnya.

Bankir sentral di seluruh dunia bertanya-tanya bagaimana mereka dapat mengubah langkah untuk mengurangi gangguan bagi ekonomi mereka seandainya The Fed menahan kelanjutan kenaikan bungadi tahun ini.

(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search