Fed Tak Bisa Menahan Kenaikan Bunga Meski Berakibat Buruk ke Emerging Market

Fed Tak Bisa Menahan Kenaikan Bunga Meski Berakibat Buruk ke Emerging Market

Kamis, 16 Agustus 2018 18:42:33 WIB

Mantan gubernur Reserve Bank of India (RBI) Raghuram Govind Rajan menyatakan bahwa Federal Reserve AS tidak mungkin akan menghentikan kenaikan suku bunga meskipun akibat dari kenaikan bunga ini menambah tekanan perekonomian negara-negara emerging market.

Rajan menjelaskan pada tahun 2013, ketika mata uang India mengalami volatilitas, the Fed tetap menaikkan suku bunga untuk beberapa waktu. Faktor yang membuat langkah Fed tidak terhindarkan adalah angka inflasi di AS yang terus menguat.

Lebih jauh Rajan mengatakan beberapa negara emerging market memiliki ruang fiskal untuk mengambil langkah-langkah kebijakan yang diperlukan agar perekonomiannya selamat dari penularan krisis Turki.

Amerika Serikat bisa membantu perekonomian global, jelasnya, dengan menarik kebijakan perang dagangnya dengan China dan negara-negara lainnya. Karena efek prang dagang sudah terasa dengan memburuknya prospek ekonomi global.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search