Fundamental Jepang Perkuat Sentimen Pasar

Fundamental Jepang Perkuat Sentimen Pasar

Kamis, 18 Juli 2013 12:36:07 WIB

Monexnews - Kuatnya fundamental ekonomi Jepang diprediksi mampu mendongkrak sentimen pasar negeri samurai itu menyusul rilis angka pinjaman bank yang mencatat level tertinggi dalam empat tahun terakhir.

Tingkat pinjaman masyarakat Jepang terhadap sektor perbankan (bank lending) mengalami kenaikkan 1.9% sepanjang bulan Juni silam dibanding bulan sebelumnya 1.8% (rilis 8 Juli). Lonjakan itu ditengarai akibat tingginya permintaan investasi berkat dijalankannya program stimulus agresif oleh bank sentral. Bahkan ketika mengawali bulan Juli ini, survei tankan kuartal II muncul di atas ekspektasi dengan angka +4 dari kuartal sebelumnya -8 dan tipis di atas ekspektasi analis pada level +3. Kenaikkan angka tersebut mencerminkan sentimen diantara perusahaan besar di Jepang kembali positif untuk kali pertama dalam dua tahun terakhir berkat optimisme terhadap kebijakan stimulus radikal milik PM Shinzo Abe yang sering disebut Abenomics . Survei tersebut turut memperkuat prospek bahwa sektor bisnis semakin berani untuk menambah dan memperluas investasinya di bulan-bulan mendatang. Sehingga kondisi tersebut kini menjadi bagian utama dari rencana pemerintah untuk menempatkan ekonomi terbesar ke-3 di dunia ini pada jalur pertumbuhan jangka panjang. Selain itu data machinery orders yang positif juga ikut memacu para investor kian berminat mengambil posisi di pasar keuangan. Angka machinery orders Jepang di luar perkiraan melonjak tajam hingga 10.5% di bulan Mei dari bulan sebelumnya pada level -8.8% (rilis 11 Juli). Lonjakan angka tersebut memberikan sinyal positif bahwa sektor korporasi Jepang kini tengah memperluas rencana investasinya (ekspansi) seiring dengan membaiknya perekonomian. (Daru Wibisono)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search