GDP Korea Selatan Berekspansi Sejalan Dengan Estimasi Di Q4

GDP Korea Selatan Berekspansi Sejalan Dengan Estimasi Di Q4

Kamis, 23 Januari 2014 08:53:33 WIB

Monexnews -

Ekonomi Korea Selatan berekspansi sejalan dengan estimasi analis di kuartal ke empat, seiring bank sentral mempertahankan suku bunga acuan di level terendah sejak 2010.

GDP Korea Selatan naik sebanyak 0.9% dari kuartal sebelumnya ketika naik sebanyak 1.1%, kata Bank of Korea pada hari ini dalan pernyataannya di Seoul. Hasil tersebut sesuai dengan estimasi median yang sebesar 0.9% dari 12 ekonom yang di survey oleh Bloomberg. Dari setahun yang lalu, GDP tumbuh 3.9%,

Bank of Korea proyeksikan pertumbuhan sebesar 3.8% pada tahun ini, laju tercepat sejak 2010 ketika negara dengan ekonomi terbesar ke empat di Asia rebound dari krisis keuangan global. Pada saat yang sama, pemerintah juga memonitor resiko yang akan di timbulkan dalam pelemahan yen, yang akan membantu saingan mereka, Jepang dalam ekspor, dan akan di kurangi kembalinya program stimulus AS.

Momentum pertumbuhan cukup solid, kata Lee Chul Hee, seorang analis di Tongyang Securities Inc. di Seoul yang mengatakan sebelum data di rilis. Korea Selatan akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih baik dari membaiknya outlook pertumbuhan global. Bank of Korea dapat berikan dukungan yang cukup untuk ekonomi dengan pertahankan suku bunga pada tahun ini.

Gubernur Kim Choong Soo, yang akan pensiun pada tanggal 31 Maret, menahan suku bunga di level 2.5% pada tanggal 9 Januari setelah secara mengejutkan memangkas suku bunga di bulan Mei.

Dana moneter Internasional pada pekan ini telah naikan perkiraan untuk pertumbuhan global pada tahun ini menjadi 3.7% seiring ekspansinya AS dan meningkatnya ekonomi Inggris, dan di desakanya negara maju untuk pertahankan akomodasi moneter untuk memperkuat pemulihan.

Para eksporter Korea Selatan perlu untuk penetrasi kedalam pasar baru di tengah kecemasan pelemahan yen yang mungkin akan melukai persaingan mereka, kata Menteri Keuangan Hyun oh Seok dalam pertemuan di Seoul pada hari ini.

Pemulihan di Korea Selatan telah memperkuat sektor kerja sementara pasar property sudah jauh lebih baik dari pada tahun lalu, kata Hyun pada tanggal 15 januari. Pemerintah akan mencari keseimbangan antara ekspor dan permintaan dalam negeri untuk pertumbuhan yang berkelanjutan, kata Hyun pada hari itu.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search