Geger! Rudal AS SiapTembak Suriah Besok

Geger! Rudal AS SiapTembak Suriah Besok

Rabu, 28 Agustus 2013 10:59:11 WIB

Monexnews - Kekhawatiran aksi militer AS terhadap negara Suriah telah memicu arus keluar besar-besaran (rush) dari sejumlah ekuitas global. Imbasnya, Wall Street mengalami hari terburuknya sejak Juni silam, dan menghantarkan Dow Jones ke level penutupan terendah dalam dua bulan terakhir. Sementara saham Eropa turut mengalami koreksi harian terbesar dalam dua bulan terakhir. Semalam pasar kembali digegerkan oleh instruksi dari Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel yang mengatakan kepada BBC bahwa militer AS "siap berangkat" jika Presiden Barack Obama memerintahkan serangan dengan senjata kimia di Suriah. Sementara NBC News melaporkan bahwa AS akan meluncurkan serangan rudal ke Suriah "secepatnya hari Kamis." Sebelumnya Menteri Luar Negeri AS John Kerry juga telah memperingatkan bahwa AS tengah mempersiapkan serangan senjata kimia kepada pemerintah Suriah dan akan menggusur rezim Bashar al-Assad. Eskalasi kekhawatiran ketegangan politik turut berimbas ke pasar Asia hari ini. Hampir semua lantai bursa utama di Asia mengalami koreksi. Tercatat indeks saham Nikkei-Jepang, Kospi-Korsel, Hang Seng-Hong Kong dan Shanghai-China mengalami keterpurukan dengan Nikkei memimpin penurunan hingga lebih dari 2%. Sedangkan kurs yen hari ini menguat dan berkisar di area 96.95 terhadap dollar setelah rally hingga 96.83. Dan imbasnya, hari ini sektor eksportir nampak memimpin penurunan di lantai bursa Tokyo.

Sementara harga minyak dunia hari ini meroket hingga ke kisaran $111.60/barrel setelah berhasil menembus level resisten kuat $108.90 yang tercatat pada 19 Juli lalu. Harga emas dunia juga turut menguat hingga saat ini berada dikisaran $1417/troy ons setelah sesi kemarin melambung hingga $1423.70/troy ons.(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search