Gencatan Perang Dagang Tak Hentikan Kekhawatiran Perlambatan Ekonomi

Gencatan Perang Dagang Tak Hentikan Kekhawatiran Perlambatan Ekonomi

Senin, 01 Juli 2019 16:34:02 WIB

Kembalinya Amerika Serikat dan China ke meja perundingan perdagangan belum mengakhiri kekhawatiran perlambatan ekonomi global. Data terbaru aktivitas manufaktur China dan Jepang menunjukkan hal ini.

Indeks manufaktur China bulan Juni versi lembaga swasta Caixin menunjukkan adanya kontraksi di kalangan industri kecil dan menengah. Selama Juni Caixin Manufacturing PMI menunjukkan angka 49.4, lebih rendah dari estimasi 50.1 dan juga ekspansi di bulan Mei di 50.2.

Dari Jepang, Final Manufacturing PMI bulan Juni di angka 49.3, lebih rendah dari estimasi dan bulan sebelumnya yang berada di angka 49.5.

Data survei manufaktur ini keluar senada dengan kekhawatiran para pemimpin dunia di KTT Kelompok 20 di Osaka, Jepang, di mana mereka memperingatkan perlambatan pertumbuhan global dan meningkatnya ketegangan geopolitik dan perdagangan.

Amerika Serikat dan Cina sepakat pada KTT untuk memulai kembali pembicaraan perdagangan setelah Presiden Donald Trump menawarkan konsesi termasuk tidak ada tarif baru dan pelonggaran pembatasan pada perusahaan teknologi Huawei, menghembuskan angin segar kepada bisnis dan pasar keuangan.

Tetapi analis meragukan gencatan perang perdagangan ini akan menyebabkan pelonggaran ketegangan yang berkelanjutan sementara ketidakpastian yang masih ada dapat mengurangi belanja perusahaan dan pertumbuhan global.

"Masih terlalu dini untuk berubah optimis. Kedua negara hanya menendang kaleng di ujung jalan dan tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, "kata Yoshiki Shinke, kepala ekonom di Dai-ichi Life Research Institute di Tokyo.

"Aktivitas manufaktur global belum mencapai titik terendah. Kepercayaan bisnis A.S., terutama pabrikan, telah melemah dan jika ini terus berlanjut, itu dapat melukai ekonomi di seluruh dunia. "


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search