Goldman Sachs: Emas Berpotensi Reli di Tahun Ini

Goldman Sachs: Emas Berpotensi Reli di Tahun Ini

Jum'at, 11 Januari 2019 16:47:32 WIB

Setelah bergerak fluktuatif sepanjang Desermber lalu, Goldman Sachs menilai harga emas berpotensi menjadi safe haven pada tahun ini. Berdasarkan harga emas saat ini, nilai logam mulia itu akan meningkat sekitar 10,7 persen dalam 12 bulan ke depan.

Dalam 12 bulan mendatang Goldman memperkirakan harga emas akan naik bertahan menjadi USD1.325, USD1.375, dan USD1.425 per troy ons, dari sebelumnya USD1.250, USD1.300, masing-masing dalam tempo 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan mendatang.

"Ke depan harga emas terutama akan didukung oleh meningkatnya permintaan terhadap aset defensif. Hal yang sama juga berlaku untuk pembelian bank sentral, seiring dengan meningkatnya ketegangan geopolitik yang akan mendorong lebih banyak bank sentral untuk masuk kembali ke pasar emas," tulis Jeffrey Currie dalam catatan Goldman kepada klien, seperti dikutip Bloomberg, Jumat (11/1).

Kekhawatiran pada perlambatan pertumbuhan ekonomi dan ketidakpastian seputar kebijakan moneter Federal Reserve telah menggerakkan pasar keuangan selama beberapa bulan terakhir. Aset berisiko mendapat pukulan besar pada 2018, dengan penurunan tajam di bursa saham global pada Desember lalu, terburuk sejak Depresi Besar.

Selama masa volatil ini, menurut Goldman, harga emas bangkit mengungguli pasar keuangan, naik lebih dari 4 persen sejak awal Desember lalu. Harga ETF emas SPDR melesat sekitar 5 persen pada Desember lalu.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search