Hadapi Perang Dagang, Bank Sentral China Rajin Timbun Emas

Hadapi Perang Dagang, Bank Sentral China Rajin Timbun Emas

Selasa, 11 Juni 2019 15:46:30 WIB

China gencar menimbun emas sebagai langkah diversifikasi portofolio seiring meningkatnya tensi perang perdagangan dengan Amerika Serikat. Langkah pembelian emas batangan yang dilakukan bank sentral China atau People Bank of China di Mei lalu ini merupakan pembelian untuk bulan keenam berturut-turut, karena perang perdagangan yang sedang berlangsung dengan AS meredam ekspektasi pertumbuhan, demikian laporan media The Star.

PBoC menaikkan cadangan menjadi 61,61 juta ons pada Mei dari 61,10 juta sebulan sebelumnya. Jika ditimbang dalam ukuran tonase, aliran masuk emas di bulan lalu sebanyak 15,86 ton, menyusul penambahan hampir 58 ton dalam lima bulan hingga April. Diperkirakan sepanjang tahun ini PBoC akan membeli sebanyak 150 ton emas.

China, produsen dan konsumen emas teratas dunia, sedang menghadapi prospek ekonomi domestik yang melambat ketika pemerintahan Trump menaikkan tarif impor pada barang asal China dan berusaha mengusir perusahaan seperti Huawei Technologies Co dari pasar AS. Sinyal data PBoC terbaru bahwa China telah melanjutkan pembelian dengan kecepatan stabil setelah jeda dari akhir 2016 hingga Desember lalu.

Ini adalah diversifikasi portofolio untuk menjauh dari dollar AS, mengingat ketegangan perdagangan dan potensi perang dingin teknologi yang berkembang," kata Bart Melek, kepala strategi komoditas global di TD Securities.

Harga emas telah naik selama tiga minggu terakhir, mencapai level tertinggi sejak April 2018, karena investor mencari tempat berlindung atau aset asfe haven dan trader meningkatkan prediksi bahwa Federal Reserve akan memangkas suku bunga menyusul tanda-tanda kelemahan.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search