Hambatan Kesepakatan Brexit Bertambah dari Spanyol

Hambatan Kesepakatan Brexit Bertambah dari Spanyol

Rabu, 21 November 2018 17:21:47 WIB

Belum reda pertentangan draft kesepakatan Brexit dari dalam negeri Inggris terutama dari parlemen, kini muncul hambatan dari Uni Eropa, tepatnya Spanyol setelah pemerintah Spanyol menuntur adanya pengawasan di pulau Gibraltar, pulau yang pernah menjadi sengketa negara itu dengan Inggris.

Spanyol telah menuntut bahwa pengawasan di pulau Gibraltar dimasukkan dalam perjanjian Brexit UE-Inggris, dengan pemerintah Spanyol menuntut kejelasan tentang Gibraltar menjadi masalah bilateral, mengancam untuk memveto draft kesepakatan saat ini jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Madrid keberatan dengan bagian dari kesepakatan yang mencakup perdagangan dan hubungan keamanan masa depan antara Inggris dan Uni Eropa. Spanyol menegaskan pengaturan yang berkaitan dengan Gibraltar, wilayah Inggris kecil di ujung selatan Spanyol, harus dibahas secara terpisah.

Spanyol tidak akan mendukung kesepakatan itu sampai masalah itu diklarifikasi, kata Menteri Luar Negeri Spanyol Josep Borrell setelah melakukan diskusi dengan ketua negosiator EU Michel Barnier dan duta besar UE.

Spanyol telah lama mengklaim kedaulatan atas Gibraltar, yang telah menjadi wilayah Inggris sejak 1713. Kedua negara pernah bertempur memperebutkan pulau ini dan kemenangan berada di pihak Inggris. Warga Tasmania, yang memilih hampir dengan suara bulat untuk tetap di Uni Eropa pada referendum 2016, sangat setia kepada Inggris dan telah menolak klaim Spanyol.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search