Harga Emas Naik, Dolar Turun Atas Ekspektasi Pemangkasan Suku Bunga AS

Harga Emas Naik, Dolar Turun Atas Ekspektasi Pemangkasan Suku Bunga AS

Kamis, 20 Februari 2020 22:58:43 WIB

Harga emas bergerak naik ke level tertinggi $1622.44 di sesi Kamis (20/2), setelah pernyataan wakil Federal Reserve AS, Richard Clarida, bahwa The Fed akan mengawasi imbas wabah Korona pada ekonomi AS. Hal ini dipandang pelaku apsar sebagai peluang pemangkasan suku bunga dari The Fed sebagai upaya membantu memulihkan ekonomi AS.

Federal Open Market Committee AS pada keputusan 29 Januari 2020 lalu telah mempertahankan tingkat suku bunga AS pada level <1.75%, bag memandang level tersebut sebagai level yang pantas untuk mempertahankan perkembangan ekonomi AS dan mencapai target tenaga kerja dan kestabilan harga yang telah direncanakan oleh bank sentral. Tetapi, pernyataan dari wakil ketua The Fed malam ini, bahwa "ekonomi AS kuat secara fundamental", dan " Wabah Korona akan memberikan tekanan bagi perekonomian AS di kuartal pertama", memicu kekhawatiran pasar bahwa perekonomian AS, seperti negara lain, akan mengalami imbas negatif dari penyebaran wabah Korona, dan berpeluang mendorong The Fed kembali melakukan pemangkasan suku bunga dalam waktu dekat.

Wabah Korona yang berpusat di daerah Wuhan, Tiongkok, telah melumpuhkan perekonomian negara dengan ekonomi terbesar ke-2 tersebut. Dan memberikan imbas buruk dari negara-negara rekan bisnisnya, baik dari turunnya daya beli konsumen, tertundanya pemesanan dan penyediaan bahan baku produksi, maupun menurunnya permintaan terhadap bahan baku dan bahan bakar. Tiongkok sudah dipastikan belum dapat memenuhi kesepakatan dagang tahap pertama dengan AS, yang sudah disepakati di bulan Januari lalu, karena wabah Korona ini, dan memukul nilai eksport AS.

Data terbaru adalah laporan pendapatan bulanan perusahaan-perusahaan dunia yang menargetkan konsumen di Tiongkok, terpukul oleh turunnya permintaan dari konsumen Tiongkok, memberikan angka merah pada laporan bulanan, dan menekan minat pasar pada aset saham, dan mendorong minat pada aset aman.



(Andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search