IMF : Perang Dagang Tambah Beban Utang Negara Miskin

IMF : Perang Dagang Tambah Beban Utang Negara Miskin

Kamis, 11 Oktober 2018 19:01:09 WIB

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde memperingatkan negara-negara agar tidak mengobarkan perang perdagangan dan mata uang. Hal ini akan kontraprodukti terhadap pertumbuhan ekonomi global dan merugikan pihak lain yang tidak terlibat langsung dalam perang dagang tersebut.

Penurunan pertumbuhan perdagangan global, menurut Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim berisiko menambah utang negara-negara emerging market yang masih berpenghasilan rendah.

Saat ini AS dan China terlibat perang dagang yang intens sejak awal tahun yang sudah berdampak pada melambatnya ekonomi China. Menurut Lagarde, negara-negara mitra dagang China, rentan terkena dampak perang dagang AS-China. Oleh karena itu, ia mendesak negara-negara untuk "meredam" konflik perdagangan dan memperbaiki aturan perdagangan global.

Ia juga tidak sependapat dengan tudingan Washington bahwa Beijing telah memanipulasi mata uang demi menyiasati perang perdagangannya dengan Washington, menyebutkan pelemahan yuan karena disebabkan kenaikan dollar karena Federal Reserve AS menaikkan suku bunga secara agresif.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search