IMF Lagarde: Krisis Eropa Masih Belum Berakhir

IMF Lagarde: Krisis Eropa Masih Belum Berakhir

Senin, 12 Mei 2014 20:08:53 WIB

Monexnews - Eropa sedang pulih, namun krisis ekonomi yang melanda kawasan Eropa sejak 2008 masih belum berakhir, ucap direktur manajer International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde. Dalam wawancara dengan harian Jerman Handelsblatt yang dirilis hari Senin, Lagarde memperingatkan bahwa sejumlah perusahaan di bagian selatan Eropa masih berjuang untuk mendapatkan pinjaman. "Pemulihan sedang berlangsung, hal tersebut benar. Sejumlah negara telah berhasil keluar dari program bantuan. Namun itu tidak berarti krisis telah berakhir dan misi kami telah selesai," ucap Lagarde.

Sejumlah negara di zona euro, terutama Yunani, menghadapi krisis keuangan saat hutang publik yang menumpuk mendorong naik yield obligasi ke level yang tidak dapat bertahan. IMF memberikan bantuan untuk menyelamatkan mereka dari default. Yunani, Portugal, Siprus, dan Irlandia semuanya memasuki program pengetatan sebagai imbalan dari bantuan, sementara Spanyol menerima dana dari

Uni Eropa untuk menyelamatkan sektor perbankannya, namun berhasil menghindari bailout penuh.

Lagarde memperingatkan bahwa tingkat inflasi yang rendah di zona euro saat ini juga menjadi sebuah resiko bagi pemulihan, senada dengan komentar dari Presiden European Central Bank Mario Draghi. Ia mengusulkan agar ECB melonggarkan kebijakan moneter untuk menstimulasi pertumbuhan, namun juga mendesak pemerintah untuk mengambil kebijakan guna menaikakn kompetitifitas, termasuk reformasi structural pasar tenaga kerja. Lagarde juga memperingatkan bahwa krisis di Ukraina saat ini, yang mana pinjamannya senilai 17 milyar dollar telah disetujui oleh IMF, menimbulkan resiko bagi pertumbuhan global. Ia mengatakan sulit untuk memprediksi hasil dari krisis tersebut dan apa yang mungkin disebarkan oleh krisis tersebut ke negara lain. Namun krisis di Ukraina dapat menimbulkan konsekuensi ekonomi yang serius".

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search