IMF Potong Proyeksi Pertumbuhan Global, Salahkan Ketegangan Dagang AS - Tiongkok

IMF Potong Proyeksi Pertumbuhan Global, Salahkan Ketegangan Dagang AS - Tiongkok

Selasa, 15 Oktober 2019 20:44:12 WIB

International Monetary Fund (IMF) melaporkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global 2019 terbarunya hari Selasa ini (15/10), dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi global turun menjadi 3.0%, dari proyeksi Juli sebesar 3.2%. Proyeksi ini adalah tingkat pertumbuhan ekonoi paling lambat sejak masa krisis ekonomi 2008-2009 lalu.

Selain itu, IMF juga memotong proyeksi tingkat pertumbuhan tahun 2020, dari sebelumnya 3.5% menjadi 3.4%. Menyebutkan berlangsungnya ketegangan dagang antara AS -Tiongkok akan terus memangkas angka Produk Domestik Bruto dunia dan menjadi salah satu penyebab turunnya pertumbuhan ekonomi.

Kebijakan-kebijakan tariff terbaru akibat ketegangan dagang ke-dua belah negara telah menahan tingkat investasi luar negri global stabil sejak 2018, setelah sebelumnya terjadi peningkatan pada Produk Domestik Bruto sebesar 3% per tahunnya. IMF menyebutkan penyelesaian perang tarif dan ketegangan dagang perlu dilakukan untuk membantu bertumbunya perekonomian global yang sehat.


(Andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search