IMF Potong Proyeksi Pertumbuhan Global 0.1% Hingga Tahun Depan

IMF Potong Proyeksi Pertumbuhan Global 0.1% Hingga Tahun Depan

Rabu, 24 Juli 2019 09:36:46 WIB

International Monetary Fund (IMF) kembali memotong proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada hari Rabu di World Economic Outlook untuk kuartal terbarunya sebesar 0.1% dari pandangan bulan April, menjadi 3.2% tahun ini & 3.5% tahun depan, merupakan pandangan terendah sejak krisis finansial.

Kondisi ekonomi dunia yang rapuh diikuti data pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang melambat dan ekspektasi data GDP AS akan dirilis lebih rendah dari sebelumnya pada hari Jumat nanti, menjadi pertimbangan IMF melakukan pemotongan pandangan ekonomi.

Bank sentral -bank sentral dunia juga mengawasi perlambatan ekonomi yang berjalan, dengan Federal Reserve diekspektasikan akan memangkas suku bunga acuan pada tanggal 1 Agustus mendatang, langkah yang belum dilakukan selama 1 dekade terakhir. Dan bank sentral lainnya yang juga sudah menyatakan kesiapan melakukan pelonggaran.

Perang dagang dan ketegangan ynag terjadi di dunia juga menyebabkan sikap hati-hati investor dalam mengalokasikan dana investasi, dapat menyebabkan lebih lambatnya pemulihan ekonomi global.


IMF Potong Proyeksi Pertumbuhan Global 0.1% Hingga Tahun Depan


Di lain pihak, dengan sentimen perlambatan ekonomi dan kebijakan pelonggaran dari bank sentral membuka peluang bagi minat beli pada aset-aset Safe Haven seperti emas. XAUUSD mencatat penguatan di awal sesi hari Rabu, 24 Juli 2019, setelah IMF merilis pemotongan pandangan ekonomi.


(andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search