Indeks Harga Konsumen Jepang Naik Ke Level Tertinggi Dalam 15 Tahun

Indeks Harga Konsumen Jepang Naik Ke Level Tertinggi Dalam 15 Tahun

Jum'at, 29 November 2013 10:39:30 WIB

Monexnews -

Indeks harga konsumen di Jepang naik ke level tertinggi dalam 15 tahun, berikan sinyal kepada Perdana Menteri Shinzo Abe bahwa kebijakannya mulai bekerja untuk meredam deflasi.

Harga yang tidak termasuk energi dan makanan segar naik sebanyak 0.3% di bulan Oktober dari setahun yang lalu, di laporkan oleh biro statistik di Tokyo pada hari ini. Estimasi median dari 19 ekonom yang di survey oleh Bloomberg News perkirakan untuk kenaikan 0.2%.

Kebijakan moneter dari Bank of Japan telah membantu melemahkan yen hingga 15% terhadap dollar pada tahun ini, menaikan harga barang-barang impor dan energy dan memaksa beberapa toko retail untuk berikan harga yang lebih tinggi kepada konsumen. Seiring Abe berusaha naikan kembalikan inflasi di negara dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia, dia perlu meyakinkan perusahaan untuk naikan upah untuk pertumbuhan yang berkelanjutan dan membantu konsumen melalui kenaikan pajak di bulan April.

Menguatnya nada untuk berakhirnya deflasi di Jepang, itu dapat membantu menetapkan kondisi untuk kenaikan upah, kata Hideo Kumano, kepala ekonom di Dai-ichi Life Research Institute di Tokyo.

Harga konsumen yang tidak termasuk makanan segar, untuk target inflasi BOJ 2%, naik sebesar 0.9% dari tahun lalu, kenaikan kelima beruntun, menurut laporan hari ini. Perkiraan median dari ekonomi adalah untuk kenaikan 0.9%.

Dengan melihat dampak dari kenaikan pajak di bulan April tahun depan dan Oktober 2015, perkiraan median dari anggota dewan BOJ adalah harga konsumen akan naik 1.3% di tahun fiskal yang di mulai bulan April dan naik menjadi 1.9% pada tahun fiskal berikutnya.

Dan untuk laporan terpisah, menteri ekonomi Akira Amari mengatakan bahwa Abenomics mulai membawa Jepang keluar dari deflasi.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search