Inflasi Jerman Melambat Selama Desember

Inflasi Jerman Melambat Selama Desember

Rabu, 16 Januari 2019 17:49:04 WIB

Indeks Harga konsumen atau inflasi konsumen di Jerman naik hampir 2 persen pada rata-rata tahunan tahun lalu, tetapi turun tajam pada bulan terakhir 2018, Kantor Statistik Federal Jerman Destatis mengatakan, Rabu.

Indeks harga konsumen yang diukur berdasarkan standar yang diharmonisasi UE, atau HICP, untuk bulan Desember dikonfirmasi telah naik 0,1 persen dibanding November dan 1,9 persen dibanding Desember tahun 2017.

Menurut Destatis, kenaikan 4,9 persen dalam harga produk energi adalah faktor utama yang mendorong pertumbuhan harga konsumen hingga 1,9 persen tahun lalu dari 1,8 persen pada tahun 2017 - baik dalam standar yang diharmonisasikan dan standar nasional UE.

Selain energi, harga makanan juga melonjak tajam pada 2018 dengan kenaikan 2,5 persen, diikuti oleh barang-barang, yang mencatat kenaikan harga 2,2 persen, kata Destatis.

Data inflasi datang seiring serangkaian rilis ekonomi yang lebih lemah dari perkiraan meningkatkan kekhawatiran tentang perekonomian terbesar zona euro. Selasa kemarin rilis dari Jerman menunjukkan data perkiraan awal GDP Jerman hanya tumbuh 1,5 persen pada tahun 2018, tingkat terlemah dalam lima tahun dan perlambatan yang jelas dari tahun sebelumnya.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search