Inflasi Produsen China Naik Pertama Kalinya dalam 9 Bulan

Inflasi Produsen China Naik Pertama Kalinya dalam 9 Bulan

Kamis, 11 April 2019 16:09:33 WIB

Inflasi produsen pabrik China meningkat untuk pertama kalinya dalam sembilan bulan pada bulan Maret, menjauh dari wilayah deflasi, mengindikasikan bahwa upaya pemerintah untuk meningkatkan ekonomi berdampak pada pemulihan permintaan domestik.

Inflasi konsumen juga meningkat, melonjak ke level tertinggi sejak Oktober 2018 karena harga daging babi melonjak seiring meningkatnya epidemi demam babi, data resmi menunjukkan pada hari Kamis.

Peningkatan inflasi produsen, meskipun sedikit, kemungkinan akan menambah optimisme bahwa ekonomi terbesar kedua dunia itu perlahan mulai tren naik, setelah survei terbaru menunjukkan aktivitas pabrik diperluas untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan.

Tetapi para analis mengatakan akan membutuhkan beberapa bulan lagi data yang lebih baik dan dukungan kebijakan lebih lanjut dari Beijing untuk melihat apakah pemulihan dapat berkelanjutan.

Indeks harga produsen (PPI) China pada Maret naik 0,4 persen dari tahun sebelumnya, sejalan dengan perkiraan analis dalam jajak pendapat Reuters dan naik dari kenaikan 0,1 persen pada Februari, kata Biro Statistik Nasional (NBS).

Sebagian besar kenaikan berada di industri pertambangan, dengan harga ekstraksi naik 4,2 persen satu tahun, naik dari 1,8 persen pada Februari. Penurunan harga bahan baku juga moderat.

Tetapi perbaikan mungkin lebih disebabkan oleh perubahan harga komoditas daripada permintaan yang lebih kuat. Harga barang-barang tahan lama konsumen turun untuk bulan kedua, menunjuk ke pelemahan permintaan barang-barang besar seperti mobil dan peralatan.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search