Inggris Mendukung Perdagangan Bebas dengan China

Inggris Mendukung Perdagangan Bebas dengan China

Rabu, 27 Juni 2018 11:24:32 WIB

Inggris berkomitmen untuk mempromosikan perdagangan bebas dan terbuka, dan berharap untuk merebut "peluang tak terbatas" yang dibawa oleh program dari China, One Belt and One Road (OBOR), demikian pernyataan Menteri Keuangan Britania Raya Philip Hammond dalam majalah keuangan Cina Caixin pada hari Rabu.

Hammond mengunjungi Beijing minggu ini, dalam rangka kepentingan baru bagi Inggris sebagai sebagai negara perdagangan global setelah meninggalkan Uni Eropa pada 2019 nanti.

Perjalanannya ke Beijing juga terjadi di tengah hubungan perdagangan yang semakin panas antara China dan Amerika Serikat, dengan Beijing menuduh Washington menjalankan proteksionisme dan masing-masing menerapkan tarif impor pada produk dari masing-masing negara.

China telah mencari dukungan dari negara-negara Eropa karena kedua pihak memiliki kesamaan perlakuan dari Washington yaitu dikenakan tarif impor pada produknya yang dikirim ke AS. Menulis di Caixin, Hammond mengisyaratkan apa yang disebutnya sebagai dukungan "globalisasi Inggris" untuk perdagangan bebas.

One Belt and One Road (OBOR) Initiative merupakan ambisi China untuk menghidupkan kembali Jalur Sutra modern. Jalur Sutra modern tersebut akan melalui dua sumbu utama, yaitu Sabuk Ekonomi Jalur Sutra atau Silk Road Economic Belt (Jalur Sutra Darat) dan 21st Century Maritime Silk Road (Jalur Sutra Laut).

Belakangan, dua konsep tersebut melahirkan Belt and Road Initiative (BRI) yang dipandang luas sebagai kebijakan luar negeri dan strategi ekonomi China.

Sejak diluncurkan pada 2013, kampanye OBOR tlah merangkul 65 negara di Afrika, Asia dan Eropa. Untuk mendukung program ini China mengucurkan pinjaman ke negara-negara berkembang untuk pembangunan infrastruktur seperti bandara, pelabuhan.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search