Ini yang Dilakukan ECB Untuk Topang Perekonomian Zona Euro

Ini yang Dilakukan ECB Untuk Topang Perekonomian Zona Euro

Kamis, 07 Maret 2019 21:40:20 WIB

Untuk bisa mendorong stimulus perekonomian Zona Euro, European Central Bank (ECB) akan meresmikan program untuk membantu pinjaman bank. Program ini merupakan program yang ketiga kalinya. Pada pengumuman rapat kebijakan moneternya, ECB mengatakan akan melakukan operasi perbaikan jangka panjang yang ditargetkan secara triwulan. Program ini disebut TLTRO-III yang akan dimulai pada September 2019 dan berakhir pada Maret 2021.

Mengutip CNBC International, TLTRO adalah pinjaman yang disediakan ECB untuk bank-bank di Zona Euro dengan harga yang lebih murah. Program ini akan dijalankan agar pemberi pinjaman dapat memberikan kredit yang memudahkan pinjaman kepada pelanggan. Dampaknya, hal ini dapat menstimulus aktivitas ekonomi riil. Oleh sebab itu ECB mempertahankan suku bunga di tingkat 0,00%.

ECB mengatakan bahwa stimulus masih perlu dilakukan oleh wilayah 19 negara itu karena bayang-bayang resesi sempat menghampiri Uni Eropa pada akhir 2018 lalu. Belum lagi permasalahan politik di Italia yang memberi pengaruh besar. Ada pula kekhawatiran terkait perlambatan ekonomi China yang akan memengaruhi ekspor Uni Eropa ke negara yang baru saja memangkas angka pertumbuhan ekonominya itu di tahun 2019.

Tidak hanya China, ECB juga sebelumnya sudah memangkas angka pertumbuhan ekonomi di Zona Euro serta mengurangi target angka laju inflasi. Perlambatan ekonomi memang sudah terasa dan dikonfirmasi oleh ECB sehingga pada rapat kebijakannya hari ini, ECB mengatakan masih membutuhkan stimulus untuk mendorong perekonomian Zona Euro itu.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search