Inilah Juru Runding Negosiasi Perdagangan AS-China

Inilah Juru Runding Negosiasi Perdagangan AS-China

Rabu, 30 Januari 2019 15:50:31 WIB

Putaran berikutnya dari pembicaraan perdagangan AS-Cina akan dilanjutkan pada hari Rabu dan Kamis di Washington untuk mencoba menemukan jalan keluar dari pertarungan tarif antara kedua kekuatan ekonomi terbesar dunia ini.

Berikut ini adalah pandangan dari semua negosiator presiden yang mewakili Xi Jinping dan Donald Trump:

- Liu He, pilot ekonomi China

Liu He, 67, memimpin tim negosiasi China. Seorang penasihat ekonomi berpengaruh Beijing sejak Xi berkuasa, Liu muncul dari bayang-bayang pada Februari 2018 ketika ia dikirim ke Washington untuk mencoba menghindari perang dagang dengan Trump. Dia kemudian diangkat untuk menjabat wakil perdana menteri pada bulan Maret, bertanggung jawab untuk mengarahkan kebijakan ekonomi China.

Profilnya kontras dengan resume resmi seorang pejabat tinggi China: dia adalah seorang ekonom yang lulus dari universitas bergengsi AS, Harvard.

Liu berpandangan pragmatis dan dianggap sebagai pemimpin gerakan baru-baru ini menuju penyeimbangan kembali ekonomi China untuk mengandalkan konsumsi domestik, sektor jasa, dan inovasi teknologi untuk pertumbuhan daripada ekspor.

- Yi Gang, tokoh reformis bank sentral

Yi Gang, 60, gubernur Bank Rakyat China (PBOC), adalah anggota terkemuka dari delegasi tersebut. Yi, yang berbicara bahasa Inggris dengan lancar, menghabiskan 15 tahun di Amerika Serikat, di mana ia memperoleh gelar PhD di bidang ekonomi dari University of Illinois dan kemudian mengajar di sebuah perguruan tinggi AS.

Dia bergabung dengan bank sentral Cina pada tahun 1997, menjadi wakil gubernur pada tahun 2008, sebelum mengambil peran kepemimpinan tertinggi tahun lalu - sebuah jabatan di bawah kendali ketat pemerintah.

- Robert Lighthizer, penasihat perdagangan Trump

Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer, 71, memimpin tim negosiasi Amerika, mengambil alih posisi ini dari Sekretaris Perdagangan Wilbur Ross dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin, yang tidak melakukan terobosan.

Lighthizer tetap berada di luar pusat perhatian tetapi berbagi ketidakpercayaan Presiden Donald Trump terhadap China dan percaya itu merupakan ancaman bagi kekuatan ekonomi AS. Dan dia telah muncul sebagai orang kuat AS dalam negosiasi perdagangan yang sedang berlangsung, bertekad untuk memaksa perubahan dalam kebijakan ekonomi Beijing.

Dia memimpin perundingan kontroversial untuk mengubah Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara antara Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, sekarang dijuluki Perjanjian Amerika Serikat-Meksiko-Kanada, atau USMCA.

Tujuannya dalam pembicaraan dengan China adalah untuk memaksa raksasa Asia itu mengakhiri kebijakan perdagangan yang dianggap "tidak adil" oleh AS, terutama pencurian atau pemindahan paksa teknologi Amerika, yang mewajibkan perusahaan AS untuk membentuk usaha patungan dengan mitra lokal, dan subsidi negara untuk industri.

Sebelum diberi jabatan Perwakilan Dagang AS pada Mei 2017, Lighthizer adalah seorang spesialis dalam hukum perdagangan internasional selama lebih dari 30 tahun dan merupakan veteran negosiasi perdagangan dengan Jepang pada 1980-an.

- Peter Navarro, suara anti-China garis keras

Peter Navarro, 69, seorang ekonom lulusan Harvard telah lama menentang ancaman dari Beijing. Dia telah memberi saran kepada Trump sejak kampanye presidensial pertamanya, setelah dia mendapatkan perhatian Trump dengan bukunya tahun 2011 "Death by China" yang menggambarkan negara itu sebagai penipu perdagangan berantai, mensubsidi industri berorientasi ekspor dan memanipulasi mata uangnya.

Dia mendorong Trump untuk menegosiasikan kembali NAFTA dan dengan penuh semangat membela tarif hukuman yang dikenakan pada impor baja dan aluminium AS, suatu langkah proteksionis yang mendorong kepergian mantan penasihat ekonomi utama Trump, Gary Cohn, yang lebih pragmatis daripada dogmatis dan sangat dihormati oleh pasar keuangan.

Pada akhir 2016, Donald Trump menunjuk Navarro sebagai kepala Dewan Perdagangan Nasional Gedung Putih yang baru dibentuk.

- Steven Mnuchin, menteri keuangan AS

Pada musim semi 2018, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin memimpin delegasi AS yang dikirim ke Beijing untuk memajukan negosiasi perdagangan - tetapi dengan sedikit keberhasilan. Pengaruhnya dalam pembicaraan tampaknya telah menurun secara signifikan sejak saat itu.

Terlihat sebagai penyeimbang sikap garis keras Navarro, mantan eksekutif Goldman Sachs, 56, ini mendukung perdagangan bebas dan menawarkan suara yang lebih moderat di China.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search