Irak Tolak Kenaikan Produksi OPEC

Irak Tolak Kenaikan Produksi OPEC

Kamis, 21 Juni 2018 15:21:38 WIB

Usaha Arab Saudi dan Rusia untuk menaikkan produksi ke pasar global akan mendapat tentangan dari negara anggota OPEC. Salah satu anggota OPEC yaitu Irak menyatakan akan berusaha agar negara-negara produsen tetap mempertahankan level suplai saat ini.

Menteri Perminyakan Irak Jabbar Alluabi diberitakan pada menit-menit terakhir, melalui Reuters, mencatat bahwa Irak mendukung dipertahankannya kesepakatan pemangkasan produksi minyak saat ini hingga akhir tahun.

Irak sendiri menyatakan tidak berniat meningkatkan produksi minyak mentah tahun ini sambil menegaskan punya banyak ide dan opsi untuk pertemuan OPEC. Irak juga akan berusaha mempersempit kerenggangan hubungan Iran-Saudi sebagai produsen terbesar OPEC.

OPEC akan mengadakan pertemuan di Wina Austria, Jumat besok membahas peluang merubah kesepakatan pemangkasan produksi 1,8 juta barel per hari yang telah berusia satu setengah tahun dan akan berakhir di akhir tahun ini.

Konsumen terbesar minyak seperti AS dan China mendesak OPEC meningkatkan produksi di tengah harga yang sudah menguat menembus $60 per barel, dua kali lipat dari harga terendah sepanjang sejarah OPEC di $30 per barel tahu 2016 lalu.

Lewat pertemuan di Wina, ada peluang kesepakatan pemangkasan produksi akan berakhir di semester pertama ini dan tidak berlanjut hingga akhir tahun.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search