Jepang Pertahankan Pembatasan Ekspor Chip ke Korea Selatan

Jepang Pertahankan Pembatasan Ekspor Chip ke Korea Selatan

Selasa, 09 Juli 2019 15:09:20 WIB

Jepang mendorong kembali pada hari Selasa terhadap seruan dari Korea Selatan untuk menghentikan pembatasan pada beberapa ekspor komponen berteknologi tinggi ke Korea, meningkatkan ketegangan dalam sengketa diplomatik yang telah berlangsung beberapa dekade yang mengancam untuk mengganggu pasokan chip memori dan smartphone global.

Tokyo mengatakan pekan lalu akan memperketat pembatasan ekspor tiga bahan yang digunakan dalam layar dan chip smartphone, mengutip perselisihan dengan Seoul mengenai warga Korea Selatan yang dipaksa bekerja untuk perusahaan Jepang selama Perang Dunia Kedua.

Langkah tersebut, yang dapat menghantam raksasa teknologi Samsung Electronics (KS: 005930) dan SK Hynix (KS: 000660), antara lain, menyoroti pengaruh Jepang atas bagian vital dari rantai pasokan global yang sekarang digunakan pemerintah Jepang dimana chip sebagai alat tawar-menawar (bargaining chip).

"Apakah Jepang menerapkan langkah-langkah tambahan tergantung pada tanggapan Korea Selatan," Menteri Perindustrian Hiroshige Seko mengatakan pada konferensi pers setelah pertemuan kabinet.

Tokyo "tidak berpikir sama sekali" untuk menarik pembatasan ini dan mereka tidak melanggar aturan Organisasi Perdagangan Dunia, tambahnya.

Di Seoul, seorang pejabat pemerintah mengatakan seorang pejabat kementerian luar negeri Korea Selatan diperkirakan akan membahas pembatasan ini dengan rekannya di Washington.

Langkah Jepang ini dipercaya sebagai balasan atas keputusan pengadilan mengenai warga Korsel yang menuntut ganti rugi ke Jepang atas kerja paksa di perusahaan Jepang selama Perang Dunia II. Hal ini diperkirakan akan memantik perang dagang dengan Korsel, menambah perang dagang sebelumnya AS-China.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search