Jerman Bentuk Dana Perindungan Perusahaan Lokal dari Akuisisi Pihak Asing

Jerman Bentuk Dana Perindungan Perusahaan Lokal dari Akuisisi Pihak Asing

Rabu, 20 Maret 2019 15:42:14 WIB

Jerman berencana untuk mengesahkan undang-undang pada akhir tahun 2019 mengenai pembentukan lembaga pendanaan milik negara yang dapat melindungi perusahaan-perusahaan utama Jerman dari pengambilalihan oleh perusahaan-perusahaan China dan asing, kata sumber-sumber pemerintah, Rabu. Usaha ini merupakan perubahan besar dari pendekatan "lepas tangan" pemerintah terhadap bisnis.

Menteri Ekonomi Peter Altmaier mengusulkan dibentuknya lembaga pendanaan tersebut pada bulan Februari lalu sebagai bagian dari strategi industri yang lebih defensif dan tiga pejabat mengatakan kepada Reuters bahwa pemerintah saat ini sedang mengerjakan rancangan undang-undang sehingga lembaga pendanaan tersebut dapat beroperasi pada tahun depan.

Dua pejabat senior pemerintah yang tidak disebutkan namanya, mengatakan idenya adalah dana investasi milik negara yang akan membeli saham perusahaan besar yang sedang kesulitan keuangan sehingga menggagalkan pengambilalihan dari pihak asing.

Seorang pejabat mengatakan negara dapat membeli saham pada awalnya dan kemudian menjualnya sesegera mungkin kepada investor swasta, sementara pejabat lain mengatakan dalam beberapa kasus dana tersebut dapat bekerja dengan investor swasta sejak awal.

"Di masa lalu, Jerman terlalu enggan untuk mendefinisikan kepentingan nasionalnya. Ini sedang berubah sekarang, "kata pejabat pemerintah pertama.

"Kami melihat bahwa kami tidak bisa bersandar lagi dan membiarkan semuanya diputuskan oleh permainan bebas kekuatan pasar," katanya. "Dan ini berarti lebih banyak perlindungan dari negara."

Langkah Jerman ini untuk menyikapi ekspansi besar-besaran perusahaan China yang membeli sejumlah perusahaan besar di Eropa, mulai dari klub sepakbola hingga jaringan hotel. Awalnya perusahaan BUMN China ini merupakan pelanggan dari perusahaan Jerman, namun lambat laun mereka berubah menjadi pesaing.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search