Jumlah Tenaga Kerja Baru di AS Hanya Bertambah 75 Ribu di Bulan Mei

Jumlah Tenaga Kerja Baru di AS Hanya Bertambah 75 Ribu di Bulan Mei

Jum'at, 07 Juni 2019 19:44:43 WIB
Jumlah tenaga kerja baru di AS turun tajam di bulan Mei, dengan jumlah mereka hanya bertambah 75.000 meskpipun tingkat pengangguran masih bertahan di level terendah 50 tahun, ungkap Departemen Tenaga Kerja AS pada hari Jumat.

Penurunan ini adalah yang kedua dalam empat bulan dimana jumlah tenaga kerja naik kurang dari 100.000 karena pasar tenaga kerja masih menunjukkan sinyal pelemahan. Sebelumya para ekonom yang disurvei oleh Dow Jones perkirakan untuk penambahan 180.000 pekerja.

Selain itu yang menjadi pemicu penurunan jumlah tenaga kerja di bulan Mei adalah laporan dua bulan sebelumnya yang menunjukkan revisi penurunan yang substansial. Untuk bulan Maret jumlahnya turun dari 189.000 menjadi 153.000 dan untuk bulan April turun menjadi 224.000 dari 263.00 untuk total penurunan sbesar 75.000.

Secara umum, laporan tersebut menjadi titik hitam lainnya di tengah kekhawatiran perlambatan yang lebih besar.

Sementara itu untuk tingkat pengangguran masih di level 3,6%, sesuai dengan perkiraan dan level terendah sejak Desember 1969. Ukuran yang lebih luas yang mencakup pekerja yang putus asa dan setengah menganggur yang bekerja paruh waktu untuk alasan ekonomi, yang kadang disebut tingkat pengangguran riil, turun lebih lanjut, dari 7,3% menjadi 7,1%, ini adalah pembacaan terendah sejak Desember 2000.



(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search