Juru Runding Uni Eropa Ungkapkan Kesepakatan Brexit Hampir Tercapai

Juru Runding Uni Eropa Ungkapkan Kesepakatan Brexit Hampir Tercapai

Jum'at, 05 Oktober 2018 17:20:19 WIB

Juru runding Brexit dari Uni Eropa mengungkapkan kesepakatan perjanjian perceraian dengan Inggris sudah "sangat dekat". Pembahasan mendalam saat ini pada isu yang paling kontroversial yaitu perbatasan dengan Irlandia di masa depan.

Uni Eropa memberi isyarat pada hari Kamis bahwa mereka sedang terlibat dengan proposal baru yang muncul di Inggris yaitu mereka ingin menghindari proses pemeriksaan di perbatasan Irlandia setelah Brexit, ide ini belum muncul di pembahasan dan hambatan terbesar dan belum pernah tmuncul dalam perundingan.

Seorang anggota tim perunding EU Brexit Michel Barnier mengatakan kepada para diplomat nasional di Brussels pada Kamis malam bahwa perjanjian perceraian dengan Inggris "sangat dekat", menurut dua sumber pada pertemuan itu.

Kedua pihak berusaha untuk mendorong kesepakatan perceraian serta kesepakatan tentang hubungan pasca-Brexit di antara dua KTT kedua pemimpin yang dijadwalkan pada 17-18 Oktober dan 17-18 November.

Berdasarkan rencana dalam pembuatan, Uni Eropa akan mendapatkan jaminan bahwa perbaikan kesepakatan mengenai perbatasan Irlandia bersifat darurat akan tidak dibatasi waktunya, sementara kepabeanan (bea cukai) Inggris Raya termasuk Irlandia Utara dan irlandia - tetap berada dalam kepabenan Uni Eropa.

Kompromi seperti itu akan membuat Uni Eropa khawatir bahwa Inggris dapat menggunakan akses khusus Irlandia Utara untuk masuk pasar Uni Eropa sehingga bisa menjual barang-barangnya dengan harga murah tanpa harus mematuhi peraturan tenaga kerja, lingkungan, dan standar lainnya yang ditetapkan UE.

Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar, yang berbicara di Brussels pada hari Kamis, telah menekankan bahwa tidak ada proposal baru yang dibuat di atas kertas mengenai perbatasan dan jika ada usul baru harus disampaikan jauh sebelum KTT UE, setidaknya dua minggu sebelumnya agar pihaknya memiliki cukup waktu untuk menganalisis.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search