Kegiatan Manufaktur China Melambat Selama 2 Bulan Berturut-turut

Kegiatan Manufaktur China Melambat Selama 2 Bulan Berturut-turut

Rabu, 31 Oktober 2018 14:32:38 WIB

Angka kegiatan manufaktur dilaporkan makin melambat di bulan Oktober dan membukukan perlambatan selama dua bulan berturut-turut. Purchasing managers' Index (PMI) melaporkan kegiatan manufaktur bulan Oktober di angka 50,2 - lebih rendah dari perkiraan di angka 50,6 dan lebih rendah dari bulan September di angka 50,8.

Selain membukukan perlambatan selama dua bulan berturut-turut, China juga memberikan rekor angka perlambatan sejak Juli 2016 lalu.

Selama bulan Oktober, China sudah menjalankan kebijakan kenaikan tarif impor dari AS sejak 24 September lalu. Pasca pemberlakuan itu, semua rilis data ekonomi China pasti akan dihubungkan dengan dampak dari pemberlakuan tarif impor tersebut atau perang dagang yang sudah dijalankan selama sebulan.

Dampak perang dagang ini dilihat akan semakin mengkhawatirkan. Terutama setelah China melaporkan bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi negara itu telah melambat dan membentuk angka terendah sejak kuarter pertama di tahun 2009 yaitu diangka 6,5. Dampak lain, kurs mata uang yuan juga melemah ke level terendah sejak krisis keuangan terjadi.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search