Kemungkinan Resesi Zona Euro Meningkat

Kemungkinan Resesi Zona Euro Meningkat

Senin, 10 Desember 2018 16:22:08 WIB

Bank Sentral Eropa (ECB) berada di jalur untuk menaikkan suku bunga acuan pada kuartal ketiga 2019 tetapi keyakinan para ekonom telah memudar selama sebulan terakhir karena kemungkinan resesi telah meningkat.

Jajak pendapat Reuters yang dilakukan 4-7 Desember juga menunjukkan para ekonom sepakat mengatakan bahwa risikonya rendah bahwa Dewan ECB akan memperpanjang program pembelian aset lebih dari 2,6 triliun euro ($ 2,96 triliun) di luar bulan ini, yang akan mematahkan panduan jangka panjangnya. .

Survei, yang diambil selama periode gejolak ekstrem di pasar keuangan global, juga menyimpulkan para ekonom berpendapat ECB akan menaikkan tingkat bunga refinancing utamanya dalam waktu satu tahun, dan mungkin ditunda ke awal 2020.

Serangkaian data ekonomi yang lemah, termasuk melambatnya momentum dalam survei bisnis utama dan laporan mengejutkan yang menunjukkan pertumbuhan zona euro turun menjadi hanya 0,2 persen pada kuartal ketiga, terendah dalam empat tahun, merupakan penyebab keraguan para ekonom tersebut.

Tetapi bahkan jika ekonomi memantul kembali pada kuartal saat ini, tidak ada cukup kemungkinan momentum atau tekanan inflasi yang bisa memicu beberapa kenaikan bunga tahun depan.

Jajak pendapat Reuters terakhir menemukan kemungkinan resesi tahun depan, walau masih rendah, merangkak naik menjadi 20 persen dari 15 persen sebelumnya, di mana survei sebelumnya diadakan Agustus lalu.

Demikian pula, probabilitas resesi dalam dua tahun juga naik, menjadi 30 persen dari 25 persen, kenaikan pertama sejak Juli, ketika Reuters pertama kali memulai pemungutan suara pada periode ini.

Vanden Houte dari ING memberikan probablitias resesi hingga 40 persen pada akhir 2020, tetapi mengatakan mungkin terlalu dini untuk khawatir, mencatat pengangguran masih turun dan harga minyak yang lebih lemah akan memberikan beberapa bantuan kepada konsumen.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search