Kepercayaan Konsumen Australia Masih Rendah

Kepercayaan Konsumen Australia Masih Rendah

Rabu, 22 Januari 2014 14:52:23 WIB

Monexnews - Meskipun angka inflasi Australia mengalami peningkatan sepanjang triwulan ke-4 lalu, namun tingkat kepercayaan konsumen negeri kanguru masih tercatat merosot di bulan Januari.

Masih rendahnya keyakinan masyarakat tersebut sekaligus menandakan bahwa belanja/pengeluaran ritel akan kembali mendatar seiring booming sektor pertambangan berangsur kian memudar.

Indeks sentimen konsumen yang di kalkulasi oleh Westpac Banking Corp./Melbourne Institute mencatat angka penurunan pada (-1.7%) di bulan Januari dari sebelumnya di level (-4.8%) pada bulan Desember, atau ke level 103.3 poin.

Namun demikian lonjakan kurs Aussie hari ini lebih banyak mengantisipasi data inflasi yang mencatat kenaikkan sepanjang kuartal 4 2013 lalu. Tingkat inflasi tahunan Australia (CPI y/y) di luar prediksi naik hingga 2.7% di kuartal-4 dari periode sebelumnya di angka 2.2%, dan di atas ekspektasi sebesar 2.5%. Sedangkan inflasi kuartalan (CPI q/q) juga muncul di angka 0.8% pada kuartal-4 lalu, juga di atas ekspektasi 0.5%.

Naiknya angka inflasi tersebut langsung meredam harapan atas pemotongan suku bunga selanjutnya sehingga menggiring kurs

AUDUSD hari ini (22/01) melonjak hingga ke level $0.8873 dari kisaran sebelumnya di area $0.8780 beberapa saat menjelang data di rilis.

Seperti kita ketahui besama, Reserve Bank of Australia di bulan Agustus 2013 lalu telah memangkas suku bunga hingga ke rekor rendah di level 2.5%, dan pemotongan itu merupakan kali ke-8 sejak akhir 2011silam. Kebijakan tersebut di jalankan terutama untuk mengatasi efek pengaruh dari merosotnya permintaan China terhadap ekspor mineral Australia yang kaya akan sumber daya alam. (dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search