Kesepakatan Brexit Berpeluang Tercapai di Pekan Depan

Kesepakatan Brexit Berpeluang Tercapai di Pekan Depan

Selasa, 09 Oktober 2018 15:47:12 WIB

Arlene Foster, Ketua Umum Partai DUP Irlandia Utara, yang menjadi rekan koalisi Partai Konservatif di parlemen Inggris Raya mengatakan pada hari Selasa bahwa kesepakatan Brexit "sangat mungkin" tercapai dalam beberapa minggu ke depan. Namun ia menegaskan bahwa pihak Irlandia Utara tidak akan menerima peraturan yang berbeda dari bagian lain Inggris.

Akan ada dua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antara Inggris dan Uni Eropa yang dijadwalkan 17-18 Oktober dan 17-18 November mendatang sehingga kesepakatan Brexit mungkin tercapai di antara kedua KTT ini.

Dalam sebuah wawancara sebelum pertemuan dengan kepala juru runding Uni Eropa Brexit Michel Barnier, Foster menekenkan penolakannya terhadap setiap peraturan baru atau hambatan pabean (bea cukai) antara Inggris dan Irlandia Utara - tetapi mengatakan dengan kemauan politik, kesepakatan itu mungkin tercapai.

"Kita tidak bisa memiliki pasar tunggal dari Britania Raya yang terganggu dengan cara itu dan itu adalah pesan yang akan kita berikan kepada Michel Barnier hari ini. Tidak ada batasan peraturan antara kami dan seluruh Inggris, "katanya.

"Saya ingin melihat kesepakatan yang berhasil untuk semua orang dan saya pikir itu sungguh mungkin jika kemauan politik ada untuk mewujudkannya," kata Foster kepada BBC Radio Ulster.

Perbatasan antara Irlandia Utara dan Republik Irlandia adalah titik hambatan terbesar yang tersisa dalam pembicaraan Brexit antara Inggris dan Uni Eropa, dan kedua belah pihak berusaha untuk mengetahui cara memantau dan mengatur perdagangan di area perbatasan ini.

Sumber-sumber Uni Eropa mengatakan kepada Reuters pada hari Kamis bahwa negosiator Uni Eropa melihat garis besar kompromi pada masalah perbatasan Irlandia, meningkatkan harapan bahwa tawaran baru Inggris dapat membuka kesepakatan.


(Irdy)

Lihat Disclaimer