Kesepakatan Dagang AS-China Akan Segera Terjadi

Kesepakatan Dagang AS-China Akan Segera Terjadi

Senin, 17 Desember 2018 16:05:20 WIB

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada hari Jumat memprakirakan perjanjian perdagangan AS-China akan tercapai dalam waktu dekat. Lebih jauh ia mengatakan bahwa posisi negosiasi Beijing telah tertekan oleh dampak perang tarif antara dua ekonomi teratas dunia ini.

"China ingin membuat kesepakatan besar dan sangat komprehensif. Itu bisa terjadi, dan agak cepat!" cuit Trump di akun Twitternya, akhir pekan lalu.

Optimismenya mengikuti keputusan China pada Jumat pagi untuk mengurangi tarif tambahan yang telah diberlakukan musim panas ini pada mobil buatan AS dan suku cadang mobil. Langkah itu dilihat sebagai hasil konkrit pertama dari pembicaraan G20 pemimpin AS dengan mitranya Xi Jinping awal bulan ini.

Tarif tersebut sekarang turun dari 40 persen menjadi 15 persen - tarif yang sama dikenakan pada semua kendaraan buatan luar negeri. Gencatan senjata perang perdagangan akan berlangsung selama tiga bulan sejak 1 Januari.

"Penangguhan tarif adalah langkah konkret untuk melaksanakan konsensus yang dicapai oleh kedua kepala negara," kata pengumuman oleh Komisi Komisi Tarif Dewan Negara.

"China baru saja mengumumkan bahwa ekonomi mereka tumbuh jauh lebih lambat daripada yang diantisipasi karena Perang Dagang kami dengan mereka. Mereka baru saja menangguhkan kenaikan tarif AS. AS melakukannya dengan sangat baik," kata Trump.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search