Ketegangan Perdagangan AS-Uni Eropa Menghangat Kembali

Ketegangan Perdagangan AS-Uni Eropa Menghangat Kembali

Jum'at, 31 Agustus 2018 17:58:53 WIB

Presiden AS Donald Trump dikabarkan menolak usulan Uni Eropa untuk menghapus tarif impor mobil asal Eropa pada Kamis kemarin. Ia menyebutkan kebijakan perdagangan UE "hampir sama buruknya dengan China".

Akibat pernyataan itu, Uni Eropa dikabarkan akan memberikan balasan Donald Trump mengingkari janjinya untuk tidak mengenakan tarif pada mobil impor, demikian Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan hari ini, Jumat (31/8/2018).

Pernyataan Juncker sekaligus mengisyaratkan ketegangan hubungan perdagangan Uni Eropa dan AS meningkat lagi setelah di akhir Juli mulai mencair usai terjadinya kesepakatan kedua pihak untuk "gencatan senjata".

Juncker mengatakan bahwa Uni Eropa tidak akan membiarkan siapa pun menentukan kebijakan perdagangannya. Jika Washington memutuskan untuk memberlakukan tarif mobil, katanya, "maka kami juga akan melakukan itu".

Juncker mengatakan dia telah merundingkan "perjanjian gencatan senjata" dengan Trump pada Juli dan sementara kesepakatan semacam itu sering terancam berubah, padahal ia berharap kesepakatan itu seharusnya dihormati kedua pihak, seperti pada umumnya sebuah kesepakatan.

Usai kesepakatan Juli lalu kedua pihak tetap berselisih. Mulai dari sikap AS yang menolak pengangkatan hakim-hakim di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), tentang pemberlakuan tarif dengan alasan keamanan nasional dan tentang sikap keras Washington terhadap China.

Trump telah setuju pada bulan Juli untuk menahan tarif mobil 25 persen yang sebelumnya akan diterapkan pada mobil asal UE sambil kedua pihak merundingkan kembali untuk memotong hambatan perdagangan lainnya. Namun para pejabat UE semakin frustrasi dengan lambatnya kemajuan.

Berbicara kepada Parlemen Eropa pada hari Kamis, Komisaris Perdagangan Eropa Cecilia Malmstrom mengatakan Uni Eropa telah mengalami "perselisihan yang mendalam" dengan Amerika Serikat.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search