Korporasi Jepang Rajin Akuisisi Perusahaan Asing Sepanjang Tahun Ini

Korporasi Jepang Rajin Akuisisi Perusahaan Asing Sepanjang Tahun Ini

Rabu, 19 Desember 2018 18:56:40 WIB

Perusahaan-perusahaan Jepang melakukan ekspansi anorganik besar-besaran pada perusahaan luar negeri, mencapai nilai terbesar dalam lebih dari 20 tahun. Aksi korporasi ini diduga dilakukan sebagai antisipasi menyusutnya pasar domestik dan tenaga kerja yang menua.

Perusahaan Jepang secara royal membelanjakan hampir $ 180 miliar pada 621 transaksi akuisisi perusahaan asing di luar Jepang sepanjang tahun ini, dibandingkan dengan 685 transaksi dengan nilai total hampir $ 80 miliar untuk seluruh tahun 2017, menurut Dealogic penyedia data keuangan. Nilai tertinggi yang tercatat dari transaksi luar negeri selama 23 tahun terakhir adalah pada tahun 2012, ketika mencapai lebih dari $ 110 miliar.

Hitachi menambahkan lagi dana $ 6.4 miliar untuk membeli saham 80,1% divisi jaringan listrik dari perusahaan saingan asal Swiss-Swedia ABB. Beberapa hari sebelumnya, Takeda Pharmaceutical telah mengumumkan pengambilalihan saham perusahaan farmasi pesaing asal Irlandia Shire senilai $ 62 miliar, menandai pengambilalihan perusahaan asing terbesar yang pernah terjadi di Jepang.

Laju hiruk pikuk kesepakatan, yang telah terjadi di semua sektor, terjadi di tengah pergeseran demografis jangka panjang di Jepang di mana populasi yang menua - secara tradisional didefinisikan sebagai orang yang berusia 65 dan lebih - dan angkatan kerja yang semakin menyusut telah menghambat pertumbuhan ekonomi bangsa.

"Banyak perusahaan Jepang secara tidak proporsional menyasar pasar dalam negeri, yang belum berkembang untuk jangka waktu yang lama, dan dengan demikian generasi baru pemimpin perusahaan Jepang menunjukkan tekad baru untuk menemukan peluang pertumbuhan eksternal di pasar luar negeri," kata Hernan Cristerna, co-kepala M & A global di JPMorgan.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search