Krisis Hutang, Pemicu Trend Bunuh Diri di Yunani

Krisis Hutang, Pemicu Trend Bunuh Diri di Yunani

Jum'at, 06 April 2012 15:50:52 WIB

Monexnews - Krisis hutang di Yunani kini telah beralih menjadi krisis kemanusiaan. Aksi demonstrasi massal kembali terjadi setelah peristiwa bunuh diri seorang manula hari Rabu lalu.

Dinitris Christoulas, pensiunan farmasi berusia 77 tahun, menembak dirinya sendiri di Syntagma Square Athena, yang berlokasi di depan kantor parlemen Yunani. Kejadian tragis itu terjadi saat jam sibuk ibukota. Pada catatan yang ditinggalkannya, Christoulas menyatakan tidak punya pilihan lain karena sulit mendapat bahan makanan.

Warga Athena membanjiri tempat Christoulas wafat dengan karangan bunga dan lilin. Tidak berselang lama, aksi protes kembali membanjiri kota hingga terjadi bentrokan fisik antara demonstran dan polisi. Asap gas air mata mengepul di beberapa titik penting.

Perdana Menteri Lucas Papademos mengekspresikan rasa duka dengan kalimat 'mendukung mereka yang tengah menghadapi masa sulit'. Menurut catatan kepolisian yang dilansir Reuters, telah terjadi 4 aksi bunuh diri dalam satu pekan terakhir. Sementara Bloomberg menyatakan sudah ada lebih dari 1700 percobaan serupa sejak tahun 2009.

Yunani kini memasuki tahun resesi ke-lima dan periode pemangkasan ke-dua. Efisiensi tunjangan pensiun dan kesejahteraan sosial yang dibarengi kenaikan pajak ditengarai membuat warga frustrasi mempertahankan hidupnya. Yunani akan mengadakan pemilu pada bulan Mei dan masih harus mencatat pemangkasan anggaran sampai $14,6 miliar guna memupus defisit, sesuai kesepakatan dengan kreditur internasional. (dim)


(dim)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search