Rekor Pelemahan Kurs Yuan Sejak Krisis Global

Rekor Pelemahan Kurs Yuan Sejak Krisis Global

Jum'at, 26 Oktober 2018 20:36:32 WIB

Kurs mata uang yuan melemah ke level rendah 22 bulan di angga 6.96 per dollar. Bahkan level tersebut merupakan level terendah yang belum pernah terbentuk sejak krisis keuangan global sepuluh tahun lalu.

Pemerintah China tampaknya akan menggunakan cadangan uangnya untuk menghentikan penurunan tajam. Seperti yang dikutip oleh Reuters, hal ini dilakukan untuk menghindari arus modal keluar China.

Sepanjang tahun 2018 ini kurs mata uang yuan terhadap dollar sudah melemah hingga 6% seiring dengan proyeksi perlambatan perekonomian dan tekanan pada ekspor dari China. Hal ini tidak lepas dari dampak perang dagang dengan AS yang kini dinilai sudah dimulai.

Menurut sumber yang tidak disebutkan oleh Reuters, bank sentral China akan mulai mengintervensi baik secara langsung maupun tidak langsung. "Mereka tidak akan membiarkan (kurs) yuan turun hingga ke bawah 7 (per dollar). Ini akan memberikan impact psikologi investor," ungkap sumber tersebut kepada Reuters.

Pertumbuhan ekonomi Beijing memang membukukan perlambatan pada kuartal ketiga tahun ini di angka 6,5%. Angka tersebut merupakan angka paling rendah sejak krisis keuangan global.


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search