Lagarde: Yunani Bisa Mencapai Surplus Pada Akhir 2013

Lagarde: Yunani Bisa Mencapai Surplus Pada Akhir 2013

Selasa, 09 Juli 2013 19:36:27 WIB

Monexnews - Anggaran pemerintah Yunani berpotensi untuk kembali mencatat surplus di akhir tahun ini, meskipun masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan dalam hal reformasi, menurut direktur manajer International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde pada hari Selasa. Selain terkesan dengan kemajuan yang dibuat Yunani, Lagarde juga menyatakan optimismenya negara itu tengah berada di jalur menuju pemulihan.

Sehari sebelumnya Yunani telah berhasil mengamankan 6,8 milyar ($8,7 milyar) dana

bailout zona Euro menyusul tercapainya kesepakatan dengan kreditur internasional, yang mengharuskan Athena untuk memangkas pekerjaan di sektor publik dan menjalankan reformasi di sektor lainnya. Kesepakatan tersebut juga menyelamatkan Yunani dari ancaman default atas hutang yang jatuh tempo pada bulan Agustus mendatang. "Saya terkesan dengan upaya yang telah dilakukan pemerintah Yunani untuk memulihkan kondisi fiskal negara. Sangat memungkinkan jika pada penghujung tahun 2013 Yunani akan mampu mencatat surplus primer," kata Lagarde. "Namun masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, termasuk tentang reformasi pajak dan otoritas pajak, keberlanjutan program privatisasi, serta manajemen pelayanan publik. Semua itu harus dijaga dan dikembangkan. Bagaimanapun, mereka telah memperlihatkan peningkatan yang jelas ."

Sebagai bagian dari kesepakatan yang dicapai pada hari Senin kemarin, para Menteri Keuangan zona Euro berkomitmen untuk mengatur secara bergiliran pemberian bantuan keuangan kepada Yunani.

Yunani, yang telah bergantung pada bantuan keuangan dari kreditur internasional selama lebih dari 3 tahun, kembali menjadi sorotan pelaku pasar dalam beberapa pekan terakhir menyusul terjadinya perselisihan dalam tubuh pemerintahan koalisi tentang bagaimana langkah untuk memenuhi persyaratan program bailout. Sementara langkah-langkah penghematan seperti pemangkasan belanja pemerintah, kenaikan pajak dan reformasi struktural terus menuai protes dari rakyat Yunani. (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search