Laju Inflasi Jepang Flat di Bulan April, Belanja Konsumen Anjlok

Laju Inflasi Jepang Flat di Bulan April, Belanja Konsumen Anjlok

Jum'at, 29 Mei 2015 08:41:21 WIB

Monexnews - Laju inflasi konsumen inti Jepang hanya naik tipis dan tingkat belanja masyarakat turun di tahun ini hingga April, memicu keraguan terhadap pandangan bank sentral akan adanya pemulihan ekonomi yang stabil yang dapat membantu mengakselarasi laju inflasi hingga target 2%. Kenaikan 0.3% pada indeks harga konsumen (CPI), selain produk minyak dan makanan segar, kurang lebih sesuai dengan estimasi pasar untuk kenaikan sebesar 0.2%. Di luar sisa dampak kenaikan pajak penjualan tahun lalu, CPI inti flat di bulan April dari setahun lalu. Analis memperkirakan inflasi konsumen akan tetap flat atau turun tipis pada tingkat tahunan hingga sekitar Juli atau Agustus, akibat dampak penurunannya harga bensin tahun lalu.

Turut memperburuk outlook perekonomian negara perekonomian terbesar ketiga di dunia tersebut, tingkat belanja masyarakat turun sebesar 1.3% di bulan April dari setahun sebelumnya, jauh lebih buruk dari ekspektasi untuk kenaikan sebanyak 3.1%. Gubernur Bank of Japan

Haruhiko Kuroda telah menekankan bahwa dirinya akan memantau dampak pergerakan harga minyak terhadap inflasi dan akan mempertimbangkan untuk kembali melonggarkan kebijakan juga faktor resiko tersebut mengancam akan menghambat kenaikan gai secara bertahap berkat pemulihan ekonomi seperti yang direncanakan. Namun sebagian petinggi bank sentral cemas bahwa jika laju inflasi tetap rendah untuk waktu lama, hal tersebut dapat menekan ekspektasi inflasi dan membuat konsumen enggan berbelanja.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search