Laju Pertumbuhan GDP Swiss Bertambah Cepat di Kuartal Pertama

Laju Pertumbuhan GDP Swiss Bertambah Cepat di Kuartal Pertama

Rabu, 28 Mei 2014 13:37:14 WIB

Monexnews - Laju pertumbuhan ekonomi Swiss bertambah cepat di kuartal pertama, dipicu oleh kenaikan tingkat ekspor barang dan jasa serta investasi pada industri konstruksi, menurut data yang dirilis hari Rabu. Gross domestic product di kuartal pertama bertumbuh sebesar 0.5% dari kuartal sebelumnya dan 2.0% untuk tingkat tahunan, menurut State Secretariat for Economic Affairs. Hasil tersebut sesuai dengan ekspektasi ekonom untuk pertumbuhan kuartalan sebesar 0.6% dan laju ekspansi tahunan sebesar 1.8%. Pada kuartal keempat lalu, perekonomian bertumbuh sebesar 0.2% untuk tingkat kuartalan dan 1.7% untuk tingkat tahunan, menurut Departemen Perekonomian. Tahun lalu, GDP Swiss berekspansi sebesar 2.0% dari tahun 2012 saat mencatatkan pertumbuhan sebesar 1.0%.

"Kontirbusi positif terhadap

gross domestic product sebagian besar datang dari neraca perdagangan barang dan jasa serta investasi pada sektor konstruksi," menurut pernyataan Departemen Perekonomian. Sektor ekspor Swiss bertumbuh sebesar 2.0% pada kuartal pertama, didorong oleh penjualan barang farmasi, sementara investasi pada sektor konstruksi yang sedang booming naik sebanyak 2.7%.

Stabilnya laju ekspansi kuartalan perekonomian Swiss sejalan dengan indeks sektor manufaktur yang dirilis tanggal 2 Mei lalu, yang menunjukkan rebound dari level rendah 9 bulan dan bertahan di atas batasan ekspansi untuk ke-12 bulan berturut-turut. Departeman Perekonomian, yang mana saat ini memperkirakan GDP Swiss untuk bertumbuh sebesar 2.2% tahun ini dan 2.7% pada tahun 2015, akan memperbaharui proyeksi GDP, inflasi, dan tenaga kerja miliknya tanggal 17 Juni nanti. Bank sentral Swiss memperkirakan perekonomian akan bertumbuh sekitar 2% tahun ini dan akan memperbaharui proyeksi tersebut saat menggelar review kebijakan kuartalan tanggal 19 Juni nanti.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search