Langkah Awal Bagi Inggris Untuk Mandiri Dimulai Setelah 31 Januari 2020

Langkah Awal Bagi Inggris Untuk Mandiri Dimulai Setelah 31 Januari 2020

Selasa, 31 Desember 2019 10:59:43 WIB

Jelang keluarnya Inggris dari Uni Eropa pada 31 Januari mendatang, Proses Brexit baru akan dimulai dan berikut beberapa hal penting yang mungkin menjadi peluang penggerak pasar di tahun 2020:

  1. Pada pertengahan Januari, pertemuan pertama para petinggi Zona Euro untuk menyetujui dokumen keluarnya IOnggris dari Zona Euro.

  1. Bila berjalan sesuai jadwal, Inggris akan resmi keluar dari Uni Eropa pada 31 Januari 2020 jam 23:00 waktu London (06:00 WIB, 1 Febuari 2020), memulai masa transisi Brexit. Pada masa ini, Uni Eropa dan Inggris diharapkan dapat menyelesaikan kesepakatan untuk mencapai kesepakatan untuk masalah dan peraturan yang diperlukan.

  1. 21 Febuari 2020, petinggi ZOna Euro dijadwalkan melakukan pertemuan di Brussel, dan mungkin menjadi saat membahas dan menyetujui mandat megosiasi dengan Inggris.

  1. Akhir Febuari - Awal Maret diperkirakan akan menjadi waktu pertemuan dan pembahasan awal Zona Euro - Inggris terkait kesepakatan awal pasca Brexit.

  1. Pertemuan puncak Zona Euro dan Inggris diekspektasikan akan berlangsung di bulan Juni 2020, saat menentukan apakah kesepakatan dagang baru antara kedua zona dapat dicapai dalam tahun 2020, bila sesuai dengan harapan Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, untuk menyelesaikan masa transisi di akhir 2020.

  1. Di Bulan November 2020 menjadi momen akhir bagi para pejabat Zona Euro untuk menyetujui kesepakatan kedua selama masa transisi.

  1. Bila tidak terjadi penundaan dan perpanjangan masa transisi, juga sudah disepakatinya perjanjian antara Zona Euro dan Inggris, maka Brexit akan terlaksana pada 31 Desember 2020.

Untuk mencapai kesepakatan selama masa transisi 11 bulan, dipandang suatu hal yang luar biasa, dan sangat mungkin bagi komisi Eropa untuk menawarkan penundaan Brexit.

Bila kesepakatan-kesepakatan tersebut dapai dicapai dengan lancar, berpotensi membantu penguatan mata uang GBPUSD dengan harapan langkah-langkah pemulihan ekonomi Inggris dapat dilakukan dengan hambatan yang minim.


(Andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search