Meksiko Ratifikasi Perjanjian Dagang dengan AS-Kanada

Meksiko Ratifikasi Perjanjian Dagang dengan AS-Kanada

Kamis, 20 Juni 2019 10:54:07 WIB

Meksiko pada hari Rabu menjadi negara pertama yang meratifikasi Perjanjian Amerika Serikat-Meksiko-Kanada (USMCA) yang disepakati akhir tahun lalu untuk menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) atas permintaan Presiden AS Donald Trump.

Dengan suara 114 yang mendukung dan 4 menolak, Senat Meksiko mendukung kesepakatan yang dinegosiasikan antara tahun 2017 dan 2018 setelah Trump berulang kali mengancam akan menarik diri dari NAFTA jika ia tidak bisa mendapatkan perjanjian perdagangan yang lebih baik untuk Amerika Serikat.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador sudah mengantisipasi ratifikasi minggu ini di Senat, di mana Gerakan Regenerasi Nasional kiri (MORENA) dan sekutunya memiliki mayoritas yang nyaman di Senat yang beranggotakan 128 orang.

Hanya ada sedikit oposisi parlementer di Meksiko untuk mencoba melindungi akses pasar ke Amerika Serikat, sejauh tujuan ekspor utama Meksiko, dan kesepakatan perdagangan disetujui dengan dukungan lintas partai yang luar biasa di Senat.

Meksiko mengirim sekitar 80% ekspornya ke Amerika Serikat, dan Trump bulan lalu bersumpah untuk memberlakukan tarif pada semua barang Meksiko jika Lopez Obrador tidak mengurangi aliran imigrasi ilegal yang terikat A.S. dari Amerika Tengah.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search