Menteri  Keuangan AS : Anjloknya Indeks Wall Street Merupakan Hal Alami

Menteri Keuangan AS : Anjloknya Indeks Wall Street Merupakan Hal Alami

Kamis, 11 Oktober 2018 18:50:18 WIB

Anjloknya indeks Wall Street dianggap sebagai koreksi alami dan tidak disebabkan oleh faktor-faktor tertentu, demikian pernyataan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018), setelah Presiden AS Donald Trump mengeluarkan pernyataan yang bernada menyalahkan kebijakan Federal Reserve menaikan suku bunga AS sebagai penyebab koreksi besar di aset berisiko.

Penurunan saham AS pada hari Rabu memicu aksi jual global karena investor mengkhawatirkan berlanjutnya agresivitas Th Fed menaikkan suku bunga di tahun depan dan perang perdagangan AS-China yang sedang berlangsung. Tapi Mnuchin mengatakan bahwa "ini bukan masalah sistemik".

"Pasar tidak efisien dan pasar bergerak ke dua arah dan kadang-kadang mereka overshoot di kedua arah," katanya kepada Bloomberg News di sela-sela forum pertemuan Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Ia menegaskan fudamental ekonomi AS terus menjadi sangat kuat dan sepanjang tahun ini performa Wall Street sangat baik, mencerminkan kondisi ekonomi AS.

"Fakta bahwa ada sedikit koreksi mengingat berapa banyak pasar telah naik tidak terlalu mengejutkan," katanya.

Anjloknya Wall Street diikuti saham-saham di bursa Asia pada hari Kamis setelah Trump mengkritik kenaikan suku bunga Federal Reserve AS sebagai kebijakan yang "gila,". Meskipun ia juga menambahkan bahwa anjloknya pasar adalah "koreksi yang sudah lama kami tunggu-tunggu."


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search