MIF Laragde: Ketegangan Dagang Menjadi Risiko Terbesar Zona Euro

MIF Laragde: Ketegangan Dagang Menjadi Risiko Terbesar Zona Euro

Jum'at, 22 Juni 2018 11:14:20 WIB

Ketegangan perdagangan internasional yang sedang berlangsung adalah risiko ekonomi terbesar untuk zona Euro, ucap direktur umum International Monetery Fund pada hari Kamis.

Meskipun wilayah euro saat ini sedang menikmati ekspansi ekonomi "di atas potensi" di tahun 2017, momentum itu saat ini mulai sedikit melambat, ucap Christine Lagarde, dirut IMF kepada wartawan di Luxembourg, yang menambahkan bahwa kemungkinan lembaganya akan menurunkan "moderat" perkiraan ekonomi di bulan Juli.

IMF tidak mengharapkan perlambatan ekonomi yang menjadi "tajam", sebagian karena kebijakan moneter masih akan terus mendukung pertumbuhan 19 negara di kawasan euro. Namun, menurut Lagarde, ada serangkaian risiko ekonomi. Pertama yaitu ketegangan perdagangan.

Lagarde mengatakan bahwa titik awalnya bermula dari adanya serangkaian ketegangan perdagangan yang dimulai oleh kenaikan tarif baja dan aluminium, yang mengacu pada tindakan pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

Trump umumkan di bulan Maret bahwa dia akan menambahkan tarif sebesar 25% untuk impor baja dan kenaikan 10% lainnya untuk impor aluminium. Meskipun ada pembebasan sementara, Uni Eropa dan zona Euro, akan mulai menjadi subjek tersebut mulai bulan Juni.

Sebagai pembalasannya, Uni Eropa sedang menerapkan kebijakan baru pada hari Jumat terhadap barang-barang AS, seperti jus jeruk, jagung manis, selai kacang dan celana jeans.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search