MOU Negosiasi Dagang AS-China Sudah Terbentuk

MOU Negosiasi Dagang AS-China Sudah Terbentuk

Kamis, 21 Februari 2019 16:27:25 WIB

Pada akhirnya, AS dan China akan mulai mengesahkan komitmen melalui tulisan (MOU) dari negosiasi dagang panjang yang sudah dijalani. Hal ini memperlihatkan progres yang signifikan setelah selama tujuh bulan dua negara menjalankan "perang dagang" yang diakhiri dengan "genjatan senjata" untuk melakukan negosiasi.

Dalam MOU nanti terdapat enam momerandum penting yang akan tercantum:

  1. Perihal isu kejahatan cyber terhadap transfer teknologi secara paksa yang dilakukan China.
  2. Hak kekayaan intelektual.
  3. Sektor jasa.
  4. Kurs mata uang.
  5. Pertanian
  6. Tarif perdagangan.

Kabar final "damai" antara AS dan China ini hasil dari negosiasi terakhir yang sudah dilakukan pada Kamis dan Jumat lalu di Washington. Itu artinya sesuai dengan waktu yang disepakati, 1 Maret mendatang MOU tersebut kemungkinan akan ditandatangani dan disepakati.

Selama tujuh bulan itu dua negara memang sangat memengaruhi kondisi perekonomian antara dua negara khususnya di China yang sempat membukukan pelemahan ekonomi terdalam selama hampir 30 tahun. Tidak hanya itu, dampak perang dagang juga membuat kekhawatiran perekonomian global yang akan menciptakan ketidakseimbangan secara global. Hal ini juga sempat disampaikan oleh International Monetary Fund (IMF).


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search