Negosiasi Dagang AS-Tiongkok Memburuk, Trump Ancam Naikan Tarif Baru Lagi

Negosiasi Dagang AS-Tiongkok Memburuk, Trump Ancam Naikan Tarif Baru Lagi

Rabu, 17 Juli 2019 08:26:05 WIB
AS dan Tiongkok telah memulai kembali perundingan perdagangan mereka, namun tanda-tanda menuju tercapainya kesepakatan yang komprehensif bisa menjadi jauh, dan itu sangat mungkin terjadi.

Presiden Donald Trump pada hari Selasa mengatakan bahwa masih ada jalan yang panjang untuk mencapai kesepakatan dengan Tiongkok , mengancam akan menjalankan kenaikan tarif barang-barang lain sebesar $325 miliar.

Sementara itu dalam laporan Washington Post, Tiongkok tiba-tiba menambahkan anggota baru ke tim negosiasinya, yaitu menteri perdagangan mereka, Zhong Shan, yang hadir pada KTT G-20 bulan lalu dan mengambil bagian dalam percakapan telepon dengan perwakilan AS pada pekan lalu. Zhong dipandang oleh banyak pejabat di Washington sebagai garis keras, ini bisa menjadi sinyal dari pemipin China Xi Jinping masih tetap berdiri teguh.

Pernyataanya baru-baru ini di surat kabar Tiongkok menunjukkan sikap kerasnya dalam perang dagang.

Sementara itu surat kabar harian resmini Partai Komunis di China, The People's Daily mengatakan bahwa di sisi AS telah memprovokasi friksi ekonokmi dan perdagangan terhadap kita dan melanggar prinsip-prinsip WTI. Ini adalah tipilan unilateralisme dan proteksionisme, ungkap Zhong kepada People's Daily pada hari Senin. Kita harus menujunjung tinggi semangat pejuang kita dalam membela kepentingan nasional dan rakyat dengan kuat dalam membela sistem perdagangan multilateral.

Perkembangan terbaru ini telah menurunkan harapan analis dan investor untuk adanya resolusi karena melihat tidak adanya kemajuan.
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search