Notula Rapat BOJ: Bank Sentral Membahas Perlunya Tindakan Pencegahan Terhadap Risiko Ekonomi

Notula Rapat BOJ: Bank Sentral Membahas Perlunya Tindakan Pencegahan Terhadap Risiko Ekonomi

Rabu, 25 September 2019 08:32:16 WIB
Notula rapat pertemuan Bank of Japan pada tanggal 29-30 Juli menunjukkan bahwa para pembuat kebijakan Bank of Japan membahas perlunya bank sentral untuk mengambil tindakan pencegahan terhadap risiko penurunan pada ekonomi dan harga-harga.

Mengutip pernyataan salah satu anggota BOJ, dia mengatakan bahwa ada risiko yang berkembang bahwa penguatan sikap pelonggaran moneter oleh bank sentral di Amerika Serikat dan Eropa akan berikan tekanan kebawah pada harga-harga barang Jepang, terutama melalui nilai tukar mata uang asing. Oleh karena itu perlu untuk merespon dengan kebijakan pencegahan terhadap risiko penurunan harga.

Pada pertemuan di bulan Juli lalu, BOJ mempertahankan kebijakan moneternya namun berjanji untuk melonggarkan tanpa ragu-ragu untuk mendahului risko yang dapat merusak peluang mencapai target inflasi 2%.

Pada kajian berikutnya pada pekan lalu, bank sentral masih bertahan pada kebijakannya namun sinyalkan peluang untuk memperbesar stimulus paling cepat di pertemuan kebijakan di bulan Oktober dengan mengeluarkan peringatan yang lebih kuat terhadap risiko di luar negeri.

USDJPY tidak banyak bergerak dalam merespon hasil notula rapat BOJ. Saat ini bergerak di level 107.16, dengan level terendah di 106.98 dan tertinggi 107.18 (hingga pukul 8:30 WIB)
(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search