Obama Minta Dana Rp6 triliun untuk Bantu Pemberontak Suriah

Obama Minta Dana Rp6 triliun untuk Bantu Pemberontak Suriah

Jum'at, 27 Juni 2014 13:24:40 WIB

Monexnews - Amerika Serikat kembali melakukan intervensi dalam krisis geopolitik yang melanda Timur Tengah. Campur tangan pemerintah Barack Obama bukan ditujukan untuk Irak, namun bagi pemberontak yang sedang berjuang melawan pemerintah Suriah.

Gedung Putih pada hari ini mengajukan proposal pengucuran dana sebesar $500 juta atau sekitar Rp6 triliun untuk membantu pihak oposisi di Suriah. Jumlah itu lebih besar dibandingkan perkiraan sebagian besar pengamat militer di Amerika dan lebih signifikan pula dibandingkan bantuan Obama untuk pemerintah Irak. Untuk Irak, Amerika hanya mengirimkan bantuan 300 penasihat militer tanpa sokongan dana dalam jumlah besar.

Proposal dana untuk Suriah mencerminkan kembalinya niat Amerika untuk ikut campur dalam krisis di negara lain. Padahal di saat yang sama sebagian besar warganya justru menginginkan Washington membatasi intervensi politik luar negeri dan fokus membenahi kondisi ekonomi domestik.

Dalam pidatonya di Minneapolis beberapa saat lalu, Obama menegaskan dirinya tidak ingin mengirimkan pasukan ke Suriah. Akan tetapi situasi di negara itu sudah tidak bisa ditoleransi lagi sehingga mengancam stabilitas keamanan kawasan. "Kita harus mencermati meluasnya konflik di Timur Tengah," ujarnya. Pihak pemerintah mengakui masih dibutuhkan beberapa tahap sebelum wacana bantuan bisa didistribusikan kepada pemberontak Suriah. Proposal dana lebih dahulu harus mendapat persetujuan kongres, di mana proses ini biasanya menjadi bagian tersulit dari sebuah mekanisme kebijakan. Kalaupun lolos di parlemen, program bantuan baru bisa diberikan setidaknya pada tahun depan dengan fokus utama berupa program pelatihan militer bagi kaum pemberontak. (dim)


(dim)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search