OECD: Indikator Utama Mulai Mensinyalkan Kebangkitan Ekonomi Global

OECD: Indikator Utama Mulai Mensinyalkan Kebangkitan Ekonomi Global

Selasa, 14 Mei 2013 17:40:01 WIB

Monexnews - Tingkat pertumbuhan di sebagian besar perekonomian global mulai menunjukkan peningkatan pada bulan depan, menurut indikator komposit Organization for Economic Cooperation and Development bulan Maret yang dirilis hari Selasa. Tidak hanya menunjukkan keberlanjutan pertumbuhan di AS dan Jepang, indikator tersebut juga menunjukkan bahwa ekonomi zona Euro mulai memperlihatkan pertumbuhan. Di lain sisi, indikator itu juga masih menunjukkan berlanjutnya pelemahan ekonomi di China dan Brasil.

Lembaga yang berbasis di Paris itu pada hari Selasa mengatakan bahwa indikator utama dari aktivitas ekonomi pada 34 negara anggota naik menjadi 100,5 pada bulan Maret dari 100,4 pada bulan Februari.

"Indikator utama komposit (Composite Leading Indicator atau CLI) di negara-negara utama terus menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan akhir 2012," kata

OECD.

Indikator utama untuk zona Euro juga mencatat kenaikan menjadi 100,00 pada bulan Maret dari 99,9 pada bulan Februari. Angka di atas level 100,00 mengindikasikan jika tren pertumbuhan ekonomi mulai berjalan.

"Secara keseluruhan, CLI di kawasan Euro terus menunjukkan peningkatan momentum," kata OECD. "Di

Jerman, CLI menunjukkan pertumbuhan yang kembali ke tren. Di Perancis, angka CLI bergerak mendekati level tren. CLI di Italia juga mulai menunjukkan perubahan momentum menjadi lebih positif."

Namun dengan kepercayaan

bisnis di blok Euro yang masih lemah, ditambah dengan sistem perbankan yang masih terganggu, maka tidak mungkin untuk mengharapkan terjadinya pemulihan kuat dalam jangka pendek.

Indikator utama OECD dirancang untuk memberikan sinyal awal dari titik balik antara ekspansi dan perlambatan aktivitas ekonomi, yang didasarkan pada berbagai seri data yang dapat mensinyalkan perubahan dalam perekonomian. (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search