OECD: Inflasi Kembali Berakselerasi Pada Bulan Juni

OECD: Inflasi Kembali Berakselerasi Pada Bulan Juni

Selasa, 30 Juli 2013 17:17:30 WIB

Monexnews - Tingkat inflasi tahunan di seluruh negara maju dan negara berkembang besar mengalami kenaikan pada bulan Juni, sebuah perkembangan yang apabilaa berkelanjutan akan berpotensi mempersulit bank sentral untuk menjaga komitmen kebijakan stimulatif mereka dalam jangka waktu lebih lama.

Angka yang dikeluarkan oleh Organization for Economic Cooperation and Development (

OECD) hari Selasa menunjukkan harga konsumen di 34 negara anggota meningkat sebesar 1,8% dalam periode 12-bulan hingga bulan Juni, setelah mencatat kenaikan sebesar 1,5% dalam periode 12-bulan hingga bulan Mei. Percepatan inflasi di sejumlah negara berkembang besar juga mengindikasikan kemungkinan akan meningkatnya tekanan inflasi.

Jika tingkat inflasi global terus meningkat di bulan-bulan mendatang, bank sentral akan semakin sulit untuk meyakinkan para investor,

bisnis dan konsumen bahwa mereka tidak terburu-buru dalam mengurangi langkah-langkah stimulus yang diberlakukan sejak krisis keuangan tahun 2008. Meskipun tidak ada kesepakatan tentang tingkat inflasi di antara bank sentral, sebagian besar bank sentral negara maju telah menetapkan target inflasi tahunan di kisaran 2,0%.

Namun untuk saat ini, bagaimanapun, kekhawatiran tentang pertumbuhan yang sangat lemah cenderung masih lebih besar daripada kekhawatiran terhadap percepatan laju inflasi.

Di antara negara-negara berkembang besar, tingkat inflasi terpantau mengalami kenaikan di

China, Indonesia dan Brasil, namun merosot di Afrika Selatan. (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search